Penemu Vacuum Cleaner Jadi Orang Terkaya Inggris

Penemu Vacuum Cleaner Jadi Orang Terkaya Inggris

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 18 Mei 2020 16:15 WIB
James Dyson
James Dyson penemu vacuum cleaner tanpa kotak debu (Foto: Wikipedia)
London -

Penemu dan pemilik perusahaan elektronik Dyson, Sir James Dyson, dinobatkan untuk pertama kalinya sebagai orang terkaya di Inggris. Disusun oleh Sunday Times Rich List, kekayaan Dyson naik 3,6 miliar poundsterling setahun ini menjadi 16,2 miliar poundsterling.

Ia berhasil menyalip pebisnis kelahiran India, Gopichand dan Srichand Hinduja. Dyson pertama kali terkenal setelah menemukan vacuum cleaner jenis baru Dual Cyclone yang dijual pertama kali pada tahun 1993.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, Dyson masa kecil tinggal di wilayah Norfolk. Pria berusia 72 tahun ini mempelajari seni sebelum disarankan pindah ke jurusan desain.

Penemuan vacuum cleaner itu, yang tidak memerlukan kantong debu, ditolak perusahaan-perusahaan besar sehingga ia memutuskan membangun perusahaan sendiri, Dyson Ltd, di Juni 1993. Tapi baru 10 tahun kemudian setelah beriklan di televisi, produknya meledak dan terlaris di Inggris.

Perusahaan Dyson sekarang mempekerjakan sekitar 15 ribu orang di seluruh dunia, 5.000 di antaranya berlokasi di Inggris.

Dyson yang dikenal mendukung Brexit, baru-baru ini membeli dua properti di Singapura senilai 70 juta poundsterling. Ia membuat keputusan kontroversial dengan memindahkan kantor pusat Dyson ke sana.

Kondisi pandemi Corona membuat harta kekayaan para orang termakmur Inggris pun terimbas. Kekayaan 1.000 orang terkaya di Negeri Kerajaan itu merosot 3,7%.



Simak Video "Deretan Orang Terkaya Dunia yang Merugi Rp 642 T Dalam Sepekan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)