Startup Ini Berkembang Pesat Selama Pandemi Corona

Startup Ini Berkembang Pesat Selama Pandemi Corona

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 04 Mei 2020 15:25 WIB
kacamata t1 pendeteksi corona
Startup Ini Berkembang Pesat Selama Pandemi Corona (Foto: Ubergizmo)
Jakarta -

Sebuah startup pembuat kacamata augmented reality (AR) asal China mencatatkan pertumbuhan yang signifikan selama pandemi Corona, karena produk buatannya diminati oleh banyak pihak.

Rokid, nama startup tersebut, mengembangkan kacamata AR untuk mendeteksi gejala COVID-19 pada akhir 2019 lalu, sebelum virus tersebut menyebar luas. Kacamata bernama T1 tersebut bisa mengukur temperatur orang di sekitar penggunanya dan menampilkan hasil pengukurannya pada layar kacamatanya.

VP Rokid Xiang Wenjie mengklaim kalau permintaan terhadap kacamata T1 meroket tak lama setelah pemerintah China memesan sekitar 1000 unit kacamata tersebut. T1 sendiri menurut Wenjie dikembangkan hanya dalam waktu dua minggu.

"T1 dapat memberikan kemampuan pengukuran temperatur yang portabel serta dari jarak jauh, yang sangat membantu (pendeteksian Corona)," ujar Wenjie.

Pengukuran suhu ini bisa dilakukan karena T1 dilengkapi sensor infra merah serta kamera yang membuat pengguna T1 bisa melihat suhu orang di sekitarnya secara real time dalam bentuk AR.

Kini mereka tengah memperbarui kemampuan T1 untuk bisa mengukur suhu banyak orang dalam waktu yang sama. Kemampuan ini diperlukan untuk penggunaan di tempat ramai, seperti di mall dan bandara.

Rokid bukan satu-satunya startup China yang punya produk untuk menghadapi COVID-19. Ada juga SenseTime, startup face recognition, yang membuat sistem thermal imaging untuk sejumlah stasiun kereta api di China.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Jokowi: Untuk Selamat dari Pandemi Corona, Kita Harus Disiplin"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)