Realme Kejar Ambisi di Pasar Internet of Things

Realme Kejar Ambisi di Pasar Internet of Things

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 29 Apr 2020 11:00 WIB
Realme Band
Realme Band, produk IoT kedua yang diluncurkan Realme. Foto: Realme
Jakarta -

Di awal tahun ini, Realme mengungkapkan strateginya memasuki pasar internet of things (IoT) di Indonesia. Brand asal China ini punya tujuan besar terkait dengan strategi itu.

Januari lalu, Realme merilis Realme Buds Air yang menjadi true wireless stereo (TWS) sekaligus IoT pertamanya yang masuk Indonesia. Kini, Realme merilis produk IoT keduanya, smartband bernama Realme Band.

"Realme Band melengkapi strategi kami untuk pasar IoT di 2020. Secara bertahap kami memasukkan produk-produk IoT kami," kata Marketing Director Realme Indonesia Palson Yi, dalam sesi Zoom meeting (28/4).

Disebutkan Palson, Realme tak sekadar meluncurkan produk. Mereka ingin ekosistem IoT yang mereka bentuk berjalan mulus dan sempurna sehingga berguna untuk meningkatkan kualitas hidup para penggunanya.

"Kami tidak ingin hanya meluncurkan produk, tapi semua produk ini akan terkoneksi dengan smartphone, dengan smart speaker, dan produk IoT kami lainnya. Ini sudah ada dalam rencana kami," jelas Palson.

Ada dua hal menurut Palson yang saat ini tengah dikejar Realme dalam strateginya di pasar IoT Indonesia. Mereka ingin menjadi brand pilihan anak-anak muda untuk kategori IoT, melengkapi reputasi serupa di kategori smartphone yang sudah mereka dapatkan.

"Yang pertama, akhir tahun ini kami targetkan menjadi brand favorit anak-anak muda. Yang kedua, kami ingin menjadi brand IoT dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Ini adalah tujuan besar kami," sebutnya.

Mengenai target pasarnya ini, Realme sangat percaya diri produknya akan diterima dengan baik anak-anak muda Indonesia. Kepercayaan diri ini berkaca dari bisnis smartphone Realme.

"Ada banyak anak muda di Indonesia. Menurut data IDC, Realme menjadi brand pilihan favorit anak-anak muda di sini. Konsumen kami berada di rentang 16-25 tahun. Kami yakin produk seperti Realme Band akan diterima dengan baik," ujarnya.

Selain karena anak-anak muda senang mencoba produk dan teknologi baru, Realme juga beralasan strateginya meluncurkan Realme Band sangat tepat waktu karena berbarengan dengan momen Ramadhan, dan ketika banyak orang berada di rumah karena menjaga jarak selama pandemi.

"Ramadhan ini waktunya orang banyak berdiam di rumah, ditambah situasi pandemi. Namun ada kebutuhan bahwa mereka harus selalu sehat dan fit. Mereka harus tetap bergerak dan dengan Realme Band mereka bisa memonitor kesehatan," katanya.

Palson menambahkan, sejauh ini dia belum bisa menyebutkan akan ada berapa produk IoT yang akan diluncurkan Realme. Namun yang pasti, Realme sudah menyiapkan sejumlah produk baru, terutama untuk kategori baru yang akan melengkapi strategi IoT-nya.



Simak Video "Inilah Alasan Mengapa Realme 8 Pro Dibekali Kamera 108 MP"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)