Penjual Baru di Tokopedia Melonjak di Tengah Pandemi Corona

Penjual Baru di Tokopedia Melonjak di Tengah Pandemi Corona

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 27 Apr 2020 20:16 WIB
tokopedia
Penjual Baru di Tokopedia Melonjak di Tengah Pandemi Corona (Foto: Tokopedia)
Jakarta -

Tokopedia rupanya melihat sisi positif dari pandemi virus Corona. Platform e-commerce ini mencatat peningkatan jumlah penjual yang cukup drastis di tahun ini.

AVP of Product Tokopedia Priscilla Anais enggan membagi angka kenaikan yang spesifik. Tapi jika dibandingkan dengan jumlah penjual tahun lalu, kenaikannya terbilang cukup besar.


"Saya tidak bisa bagi angka pastinya tapi yang pasti kita memang mengalami peningkatan penjual baru yang cukup drastis di masa-masa COVID-19 ini," kata Priscilla dalam wawancara virtual, Senin (27/4/2020).

"Kalau di-recap tahun lalu saja Tokopedia itu seller-nya 5 juta, di tahun ini sudah 7,8 juta. Jadi ini pertumbuhan yang eksponensial," sambungnya.

Priscilla menambahkan kenaikan ini sepertinya dipicu banyaknya bisnis yang terpaksa menutup toko fisiknya atau membatasi operasionalnya karena pandemi. Akibatnya mereka secara perlahan mengalihkan bisnis offline-nya menjadi online.

Kenaikan penjual baru ini juga dapat dilihat dari kategori produk yang laris di tengah pandemi COVID-19. External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Candra Wijaya mengatakan selama bulan Maret 2020 ada beberapa kategori yang transaksinya meningkat drastis yaitu kesehatan, keperluan rumah tangga serta makanan dan minuman.

"Dari sisi penjual sendiri kalau kita ambil contoh kategori perawatan dan kesehatan pribadi tadi kita mendapatkan pertumbuhan penjual baru mencapai 2,5 kali lipat dibandingkan rata-rata pada bulan sebelumnya," jelas Ekhel dalam kesempatan yang sama.

Selain kebutuhan harian tersebut, Priscilla mengatakan Tokopedia juga mencatat kenaikan transaksi di kategori yang terbilang tersier seperti produk hiburan dan produk untuk mendukung kerja dan belajar dari rumah.

"Kayaknya karena orang bosan di rumah kita melihat peningkatan yang sangat bagus di produk entertainment dan work from home. Jadi orang beli layar monitor, juga konsol game ini permintaannya sangat besar," pungkas Priscilla.



Simak Video "Airlangga Sebut Covid-19 di Ri Mulai Terkendali"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)