Samsung Segera Setop Produksi Panel LCD

Samsung Segera Setop Produksi Panel LCD

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 01 Apr 2020 11:32 WIB
Pabrik Samsung di Vietnam
Pabrik Samsung. Foto: Reuters
Jakarta -

Saat ini semakin banyak pabrikan ponsel yang beralih ke panel OLED dan meninggalkan LCD. Samsung, tepatnya Samsung Display pun kini mengumumkan bakal menyetop produksi panel LCD-nya.

Penyetopan produksi tersebut akan dilakukan di pabrik mereka yang berlokasi di China dan Korea Selatan pada akhir 2020, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Rabu (1/4/2020).

Meski begitu, penyuplai panel untuk iPhone, iPad, dan Apple Watch itu akan tetap menyuplai pesanan panel LCD sampai akhir tahun ini. Suplai panel LCD itu berasal dari dua lini produksi dari pabrik di Korea Selatan, dan dua pabrik khusus LCD di China.

Lebih lanjut, juru bicara Samsung juga menyebut kalau mereka belum mempunyai rencana spesifik terkait pabrik yang ada di China tersebut. Namun untuk pabrik yang di Korea Selatan akan difokuskan untuk memproduksi panel quantum dot.

Produksi panel LCD Samsung sendiri sudah mulai menurun sejak 2019 lalu. Terutama karena permintaan pasar akan panel LCD yang terus menurun.

Pada Oktober lalu Samsung menutup satu lini produksi LCD di Korea Selatan. Mereka pun menyatakan bakal menginvestasikan sekitar USD 10,72 miliar untuk penelitian dan meningkatkan lini produksi untuk panel quantum dot.

Setelah Samsung Display menyetop produksi panel LCD, Apple akan mendapat pasokan panel tersebut dari LG, Japan Display, dan Sharp.



Simak Video "Samsung Rilis Monitor Lengkung dengan Teknologi Pertama di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)