TSMC Kebanjiran Pesanan Chip 5G Meski Wabah Corona

TSMC Kebanjiran Pesanan Chip 5G Meski Wabah Corona

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 12 Mar 2020 13:15 WIB
prosesor tsmc
Ilustrasi TSMC. Foto: Istimewa
Jakarta -

Meski pasar ponsel diprediksi terdampak signifikan dari penyebaran virus corona, ternyata Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) tetap kebanjiran pesanan chip 5G 5nm.

TSMC adalah perusahaan yang memproduksi chip untuk perusahaan seperti Apple, MediaTek, dan Qualcomm. Para perusahaan tersebut disebut meningkatkan pesanan chip 5G-nya.

Bahkan TSMC pun diperkirakan bakal meningkatkan kapasitas produksinya untuk chip 5nm pada April mendatang. Hal ini dilakukan karena kapasitas produksi mereka saat ini sudah maksimal.

Proses 5nm yang dipakai untuk memproduksi chip 5G ini merupakan penerus dari teknologi pabrikasi 7nm sebelumnya. Proses 5nm ini membuat chip bisa berukuran lebih kecil dan lebih efisien dalam hal penggunaan daya.

Menurut sumber di industri, MediaTek -- salah satu konsumen TSMC -- mengalami peningkatan keuntungan dari penjualan chip antara Januari sampai Februari, mencapai 25,11%, dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Hal ini terjadi karena pengapalan chip 5G mereka yang meningkat, sekalipun penyebaran virus corona yang terus meningkat, seperti dikutip dari Phone Arena, Kamis (12/3/2020).

TSMC saat ini adalah pabrikan pembuat chip dengan pangsa pasar terbesar di dunia, yang pada Q4 2019 lalu mempunyai pangsa pasar 52,7%. Salah satu saingannya adalah Samsung, yang belakangan ini jor-joran dalam berinvestasi di bisnis ini, dan pada Q4 2019 punya pangsa pasar 17,8%.

Sebelumnya juga dikabarkan kalau Samsung memenangkan kontrak dari Qualcomm untuk memproduksi chip 5G, yaitu chip X60 yang belum lama ini dirilis. Chip ini pun bakal diproduksi oleh Samsung dengan proses 5nm.



Simak Video "Ponsel Baru Samsung Dikabarkan Akan Punya 6 Kamera Belakang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)