Samsung Dapat Kontrak Produksi Modem 5G Qualcomm

Samsung Dapat Kontrak Produksi Modem 5G Qualcomm

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 19 Feb 2020 13:51 WIB
Pabrik Samsung di Vietnam
Samsung Dapat Kontrak Produksi Modem 5G Qualcomm (Foto: Reuters)
Jakarta -

Divisi manufaktur semikonduktor Samsung memenangkan kontrak dari Qualcomm untuk memproduksi chip modem 5G, yang bakal diproduksi dengan teknologi pabrikasi yang terbaru.

Kabar ini muncul dari dua sumber yang dikutip oleh Reuters, Rabu (19/2/2020) dan membuat market share Samsung meningkat terhadap rival terdekat mereka, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC).

Chip modem yang dimaksud adalah modem 5G X60 yang belum lama ini dirilis oleh Qualcomm. Samsung bakal memproduksi chip tersebut dengan proses 5nm mereka yang terbaru, yang membuatnya bakal lebih kecil dan lebih efisien dalam hal konsumsi daya dibanding chip terdahulu.

Chip X60 ini memang tak akan eksklusif diproduksi oleh Samsung, karena TSMC juga akan memproduksi modem 5nm untuk Qualcomm. Pihak Qualcomm dan Samsung menolak mengomentari kabar ini, sementara TSMC belum mengeluarkan pernyataan resminya.

Seperti diketahui, Samsung selain dikenal sebagai pabrikan ponsel, juga memproduksi chip. Bahkan mereka adalah pabrikan chip terbesar kedua di dunia, yang selain memproduksi chip untuk ponselnya sendiri juga memproduksi chip untuk perusahaan lain, seperti IBM, Nvidia, dan lainnya.

Pada 2019 lalu Samsung juga memutuskan untuk menggelontorkan dana sebesar USD 116 miliar untuk menggenjot penjualan chip mereka. Tentu untuk menyalip atau setidaknya mendekati pangsa pasar pesaing terdekat mereka, yaitu TSMC yang pada Q4 2019 lalu punya pangsa pasar 52,7%, sementara Samsung hanya 17,8%.



Simak Video "Ponsel Baru Samsung Dikabarkan Akan Punya 6 Kamera Belakang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)