Selasa, 11 Feb 2020 11:49 WIB

Gegara Corona, Pengunjung dari Hubei Dilarang Masuk MWC 2020

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Huawei Pamer 5G Hingga Drone Raksasa di MWC 2018 Ilustrasi suasana di MWC Barcelona, Spanyol (detikINET/Achmad Rouzni Noor II)
Jakarta -

Ajang Mobile World Congress 2020 di Barcelona, Spanyol mengambil langkah serius menangkal virus corona. Pengunjung dari Provinsi Hubei China tak boleh masuk ke lokasi acara.

Dalam keterangan GSMA selaku penyelenggara yang diterima detikINET, Selasa (11/2/2020), mereka mengatakan sekitar separuh peserta baik pengunjung atau peserta pameran, memutuskan batal hadir ke MWC 2020. Masih ada 2.800 peserta pameran yang tetap datang, demikian dalam pernyataan dengan tertanda CEO GSMA, John Hoffman.

Data MWC selama ini menunjukkan 5 ribu-6 ribu peserta pameran atau pengunjung sepanjang acara berlangsung, berasal dari China. Oleh karena itu untuk menangkal virus corona, GSMA bersama pemerintah Spanyol dan Barcelona menyiapkan langkah-langkah tambahan untuk menjamin kesehatan para pengunjung.


4 Langkah baru itu adalah:

1. Semua traveler dari Provinsi Hubei tidak diizinkan akses menuju event baik MWC Barcelona, Four Years From Now (4YFN), xside dan YoMo.
2. Semua traveler yang pernah di China akan diminta menunjukkan bukti sudah keluar dari China 14 hari sebelum event (bukti cap paspor, sertifikat kesehatan)
3. Cek suhu tubuh akan diberlakukan
4. Pengunjung diminta mawas diri untuk tidak berhubungan dengan siapapun yang terinfeksi

Provinsi Hubei dengan ibukotanya Wuhan, adalah pusat dari wabah virus corona di China. Hingga saat ini, 42 ribu orang terinfeksi, 1.018 orang meninggal dan 4.000 orang sembuh dari virus corona.

GSMA menegaskan mereka terus memonitor situasi. Sebelumnya mereka juga telah menerapkan 11 langkah mitigasi untuk menangkal virus corona di MWC 2020. Menkes Spanyol juga menegaskan daerah Barcelona dan sekitarnya aman dari risiko kesehatan.


"Sistem kesehatan di Catalunya siap untuk mendeteksi dan mengatasi virus corona dengan respons terbaik agar semua yang mengunjungi MWC Barcelona menjadi jelas," kata Menkes Spanyol Alba Verges.

Badan kesehatan Catalunya, Kemenkes Spanyol, Ditjen Pariwisata dan Perhotelan Spanyol, GSMA, Konsulat China di Spanyol sudah duduk bersama menjaga perhelatan MWC 2020 Barcelona. GSMA meminta calon pengunjung dan peserta pameran meng-update info terbaru dari WHO dan MWC Barcelona.

Gara-gara virus corona, sejumlah perusahaan teknologi besar mundur dari ajang MWC 2020. Yang sudah mengumumkan mundur adalah LG, Ericsson, Sony, Amazon dan Nvidia.

Gegara Corona, Pengunjung dari Hubei Dilarang Masuk MWC 2020


Simak Video "Kasus Corona Menurun, Kesembuhan Pasien di China Mencapai 50% "
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)