Sedih! BlackBerry dan TCL Memutuskan Berpisah

Sedih! BlackBerry dan TCL Memutuskan Berpisah

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 04 Feb 2020 08:36 WIB
The new BlackBerry Key One is presented before the Mobile World Congress in Barcelona, Spain February 25, 2017. REUTERS/Albert Gea
Foto: (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta -

Setelah BBM tiada, kemungkinan kita pun tidak akan melihat ponsel BlackBerry dalam jangka waktu cukup lama. Pasalnya BlackBerry dan TCL memutuskan untuk berpisah

Pengumuman itu disampaikan lewat akun Twitter milik BlackBerry Mobile. Keduanya bersepakat untuk mengakhiri kolaborasi bisnis yang terjalin sejak tiga tahun silam.

"Kami menyesal harus mengabarkan pada tanggal 31 Agustus 2020, TCL Communication tidak lagi akan menjual perangkat seluler bermerek BlackBerry. TCL Communication tidak memiliki hak lebih lanjut untuk merancang, membuat, atau menjual perangkat seluler BlackBerry baru apa pun," tulisnya.

Pun kerjasama keduanya berakhir, TCL akan terus memberikan dukungan untuk portofolio perangkat seluler yang ada termasuk layanan pelanggan dan garansi hingga 31 Agustus 2022 - atau selama diperlukan sesuai undang-undang setempat tempat perangkat seluler dibeli. Namun tidak disebutkan terkait pembaruan sistem operasi.

Di akhir pernyataannya, BlackBerry mengucapkan terima kasih kepada semua mitra, pelanggan, dan komunitas penggemar atas dukungan mereka selama beberapa tahun terakhir.

"Kami bersyukur telah memiliki kesempatan untuk bertemu begitu banyak penggemar dari seluruh dunia. Masa depan cerah untuk TCL Communication dan BlackBerry Limited, dan kami harap Anda akan terus mendukung keduanya saat kami bergerak maju di jalur kami masing-masing," pungkas BlackBerry.

Untuk diketahui pada bulan Desember 2016, TCL mendapatkan hak untuk membuat dan menjual smartphone bermerek BlackBerry. Ini dipandang oleh berbagai pihak sebagai momen kebangkitan dari merek lama yang dicintai banyak orang.

Dari kolaborasi ini lahirlah BlackBerry KEYone, Motion, KEY2, dan KEY2 LE. BlackBerry KEY dinilai banyak analis dan reviewer sangat menarik. Pasalnya ponsel ini membawa kembali desain BlackBerry yang ikonik dengan keyboard QWERTY fisik di saat pasar dipenuhi perangkat full screen.



Simak Video "Jagoan di Toko, TCL Ekspansi ke e-Commerce Lewat Smart TV"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)