Senin, 03 Feb 2020 09:37 WIB

Hampir Tumbang, Startup Ini Tunjuk Orang India Jadi 'Juru Selamat'

Fino Yurio Kristo - detikInet
WeWork Kantor WeWork. Foto: Reuters
San Francisco -

Startup penyewaan co working space, WeWork, yang sempat meraksasa dan kini dalam kondisi sulit menunjuk CEO baru sebagai juru selamat. Ia adalah orang keturunan India, Sandeep Mathrani.

Sandeep adalah sosok berpengalaman dalam industri real estate. Ia pernah menjadi CEO Brookfield Prperties dan Vornado Realty Trust.

Sandeep bakal mulai bekerja pada 18 Februari, menggantikan co CEO Artie Minson dan Sebastian Gunningham. Keduanya adalah pengganti Adam Neumann, pendiri WeWork yang lengser lantaran performa payah startup tersebut.

"saya merasa terhormat bergabung di WeWork dalam masa sangat penting dalam sejarahnya ini," kata Sandeep, seperti dikutip detikINET dari CNN.

Di bawah kepemimpinan Neumann, WeWork sempat melambung jadi startup bernilai USD 47 miliar dan disokong penuh oleh Softbank. Tapi ia pula yang membuat WeWork berada di ambang kejatuhan, rugi besar dan gagal berjualan saham.

Soffbank pun bertindak dan mengambil alih 80% saham WeWork serta mendepak Neumann. Kini, WeWork valuasinya 'hanya' USD 8 miliar.

Sebagai langkah efisiensi, WeWork juga telah memberhentikan banyak karyawan. Sejumlah 2.400 pegawainya kena PHK.



Simak Video "Sejumlah Kementerian Bakal Duduk Bareng Bahas Tuntas Startup"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)