Rabu, 29 Jan 2020 15:57 WIB

Produksi iPhone Terhambat Gegara Corona? Ini Kata Pabriknya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foxconn Salah satu pabrik Foxconn. Foto: Getty Images
Wuhan -

Produksi iPhone dicemaskan kena dampak lantaran merebaknya virus corona mungkin mengganggu operasional pabrik. Pihak Foxconn selaku manufaktur utama iPhone pun angkat bicara.

Foxconn memang punya fasilitas besar di Wuhan, kota di mana virus corona berasal. Tapi mereka mengklaim akan memenuhi segala kewajiban produksi gadget, termasuk iPhone.

"Kami tidak berkomentar tentang praktik produksi spesifik, tapi kami bisa memastikan bahwa kami punya tindakan untuk memastikan dapat terus memenuhi kewajiban manufaktur global," kata Foxconn, dikutip detikINET dari South China Morning Post.

Pada saat ini, pabrik Foxconn masih mengikuti jam operasional libur tahun China. Nantinya, jam produksi disebut akan kembali normal.

Adapun Apple belum dapat mengukur dampak dari virus corona terhadap produksi iPhone. Tim Cook, CEO Apple, mengamati situasi dengan seksama.

"Situasinya terus berkembang dan kami masih mengumpulkan banyak data serta memonitornya," kata Cook.

Cook menyatakan Wuhan, lokasi virus corona berasal, merupakan tempat bagi sebagian penyuplai komponen Apple. Antisipasi pun sudah dilakukan.

"Kami memiliki beberapa penyuplai di area Wuhan. Semua penyuplai di sana adalah sumber alternatif dan tentunya kami bekerja dengan rencana mitigasi untuk mengantisipasi kehilangan produksi," sebut suksesor mendiang Steve Jobs itu.



Simak Video "Banjir Peminat, Trio iPhone 11 Sempat Ludes di Pasaran"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)