Rabu, 29 Jan 2020 13:21 WIB

Xiaomi Ingin Garap Kamera Bareng Canon, Nikon atau Hasselblad

Rachmatunnisa - detikInet
Xiaomi Redmi 7A Xiaomi Ingin Garap Kamera Bareng Canon, Nikon atau Hasselblad (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Sebuah survei yang diposting Xiaomi di akun media sosial Weibo, memunculkan spekulasi bahwa pembesut smartphone asal China ini berencana berkolaborasi dengan Nikon, Canon atau Hasselblad untuk untuk co-branded kamera smartphone.

Dikutip dari PetaPixel, spekulasi ini bermula dari survei yang diposting Vice President Xiaomi Chang Cheng. Survei tersebut menanyakan pengguna, perusahaan mana kira-kira yang cocok diajak berkolaborasi dengan Xiaomi, apakah Canon, Nikon, Hasselblad, atau tidak perlu kolaborasi sama sekali.

Pemenang dalam survei adalah Hasselblad. Lebih dari 4.250 pengguna berpartisipasi di survei ini dan Hasselblad berada di urutan pertama dengan hampir 2.000 vote, disusul berikutnya Canon 1.059 vote, tidak perlu kolaborasi 1.000 vote dan Nikon 269 vote.

Xiaomi Ingin Garap Kamera Bareng Canon, Nikon atau Hasselblad

Tentu saja kabar ini sifatnya masih spekulatif. Masih perlu waktu untuk memastikan Xiaomi akan berkolaborasi dengan salah satu perusahaan kamera ini. Namun kerja sama dengan Hasselblad sepertinya cukup masuk akal.

Menggandeng perusahaan kamera ternama sepertinya memang jadi strategi jitu untuk meningkatkan pamor kualitas kamera smartphone. Huawei misalnya, mendapat publisitas yang baik setelah mereka berkolaborasi dengan Leica.

Hasselblad sendiri sebelumnya sudah pernah berkolaborasi dengan Motorola. Jika Xiaomi berhasil menggandeng Hasselblad, ini bisa jadi senjata baru mereka. Dari perspektif perusahaan kamera, kerja sama seperti ini bisa meningkatkan profil brand dan penjualan di China dan bukan tidak mungkin di seluruh dunia.

Selain itu, kolaborasi pembuat smartphone dan perusahaan kamera bisa menjawab kebutuhan konsumen yang saat ini sebagian beralih ke fotografi mobile.

Xiaomi Ingin Garap Kamera Bareng Canon, Nikon atau Hasselblad


Simak Video "Meluncur saat Pandemi Corona, Redmi 8A Pro Dibanderol Rp 1,5 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)