Blibli Bikin Toko Offline Pakai Analisis Data

Blibli Bikin Toko Offline Pakai Analisis Data

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 28 Jan 2020 16:26 WIB
Blibli Bikin Toko Offline Bliblimart
Blibli Bikin Toko Offline (Adi Fida Rahman/detikcom)
Jakarta -

Blibli memperkuat strategi omnichannelnya dengan membuka toko offline pertamanya. Inilah Bliblimart, yang diklaim beda dengan supermarket kebanyakan.

Dijelaskan Senior Vice President of Trade Partnership Blibli, Fransisca Krisantia Nugraha, konsep Bliblimart mengusung konsep cashless dan cashierless. Konsumen hanya butuh memindai barcode pada kemasan produk menggunakan aplikasi aplikasi Blibli.com, kemudian melakukan pembayaran lewat Bliblipay ataupun GoPay.


"Konsep ritel yang cocok dengan gaya hidup millenial yang menginginkan pengalaman belanja yang efisien," ujar Fransisca saat acara peluncuran Bliblimart di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Lanjut diungkap Fransisca, produk-produk yang dijual pun tidak asal-asalan. Mereka memanfaatkan data untuk menentukan produk apa yang akan memenuhi rak toko offline-nya.

Blibli Bikin Toko Offline Pakai Analisis DataTinggal scan barcode (Adi Fida Rahman/detikcom)


Dicontohkan saat ini Bliblimart yang ada di Gedung Sarana Jaya menjual mainan. Jenis mainan yang dijual sama seperti toko mainan di mal yang harganya cukup tinggi.

"Kenapa kita jual mainan di toko, data bicara bahwa konsumen di area sekitar dan internal kami sukanya beli itu. Jadi kami sediakan di sini, ingin lihat jalan nggak sih, ternyata jalan. Surprisingly itu item yang cukup fast moving," ujar Francisca.


Selain jenis barang, data turut digunakan Blibli untuk memantau stok barang. Sehingga konsumen selalu mendapatkan barang yang dicari, Blibli pun tidak kehilangan kesempatan menjual.

Vice President of Development Blibli Sherwin Sasmita mengatakan dari data pihaknya tahu produk apa yang sering dibeli konsumen. Kemudian pihaknya bisa memastikan jumlah stok barang yang akan disediakan.

Blibli Bikin Toko Offline Pakai Analisis DataFoto: (Adi Fida Rahman/detikcom)


"Jadi kami memastikan konsumen tidak kekurangan stock. Kami memastikannya dengan data," kata Sherwin di kesempatan yang sama.

Blibli berencana akan menambah toko offlinenya ke depan. Hanya berapa jumlahnya belum bisa diungkap.

"Ada rencana ekspansi, tapi belum bisa di-share. Sekarang dicoba satu dulu," pungkas Fransisca.



Simak Video "Blibli Buka Toko Offline dengan Target Pasar Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)