Sabtu, 25 Jan 2020 08:34 WIB

Survei: Tokopedia dan Shopee Adu Kuat Mendominasi

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi belanja online. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Persaingan situs belanja online di Indonesia semakin ketat. Berbagai platform e-commerce melakukan berbagai cara agar menjadi pilihan utama pengguna. Di tahun lalu, Tokopedia terlihat mendominasi.

Setidaknya demikian menurut hasil survei situs kupon diskonan CupoNation. Baru-baru ini, CupoNation merilis studi tentang situs belanja online yang paling banyak dikunjungi online shopper Indonesia sepanjang tahun 2019.

Dalam studi ini, terungkap 10 situs belanja online terpopuler, baik dari platform e-commerce lokal maupun internasional. Di samping itu, CupoNation juga menganalisis sumber pengunjung yang datang dari versi desktop maupun web mobile.

Situs belanja online yang paling sering dikunjungi

Meski beberapa situs belanja online international ikut masuk dalam jajaran pasar e-commerce di Indonesia, platform e-commerce dalam negeri masih menguasai jumlah pengunjung website di sepanjang tahun 2019.

"Tokopedia merupakan toko online yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia yakni dengan total pengunjung mencapai 1,2 miliar yang terbagi dari 863,1 juta pengunjung dari web mobile dan 329,8 juta pengunjung dari desktop," tulis CupoNation dalam laporannya yang dikutip detikINET.

Di peringkat kedua, ada situs belanja online internasional yaitu Shopee dengan jumlah kunjungan mencapai 837,1 juta. Perolehan ini mengalahkan Bukalapak dengan 823,5 juta pengunjung.

Berikut adalah 10 situs belanja online lokal dan asing yang diurut berdasarkan jumlah trafik terbesar di 2019

Survei: Tokopedia dan Shopee Adu Kuat MendominasiFoto: CupoNation

Dan ini adalah 10 situs belanja online Indonesia yang diurut berdasarkan jumlah trafik terbesar di 2019

Survei: Tokopedia dan Shopee Adu Kuat MendominasiFoto: CupoNation

Masyarakat Indonesia lebih suka belanja lewat ponsel

Hasil studi ini juga mengungkap bahwa 77,15% dari jumlah pengunjung e-commerce di 2019 datang dari versi web mobile dan hanya 22,85% datang dari desktop.

Hal ini menunjukkan jika hampir semua online shopper di Indonesia lebih menyukai belanja online dengan menggunakan smartphone daripada desktop.

Situs belanja online yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah trafik web mobile terbanyak adalah Orami dengan 97,55% dari total pengunjungnya datang dari web mobile. Peringkat selanjutnya diduduki oleh Sophie Paris dengan trafik dari web mobile mencapai 97,43% dari total kunjungan.

CupoNation juga mengurutkan 10 e-commerce yang memiliki jumlah pengunjung web mobile terbesar.

1. Orami 97,55%
2. Sophie Paris 97,43%
3. Laku6 96,27%
4. Fabelio 95,75%
5. Mothercare 95,36%
6. Orori 95,28%
7. Matahari 92,36%
8. Asmaraku 92,17%
9. iLotte 91,22%
10. Hijup 91,03%

Untuk diketahui, daftar toko online yang masuk dalam studi ini diambil dari Indonesian Ecommerce Association (IdEA). Total ada 32 situs online yang dipilih berdasarkan situs online shop dengan trafik bulanan tidak kurang dari 150 ribu pengunjung.

Jumlah pengunjung yang datang melalui mobile dan desktop dikumpulkan dari SimilarWeb untuk periode Januari-Desember 2019. Adapun jumlah pengunjung dalam studi ini tidak menunjukkan pengunjung unik (unique visitor), di mana jika salah satu pengunjung yang sama melakukan kunjungan selama 5 kali untuk periode yang dialamatkan, maka jumlah kunjungan yang terhitung adalah 5 kunjungan.

Survei: Tokopedia dan Shopee Adu Kuat Mendominasi


Simak Video "Dengan Teknologi, Tokopedia Buka Jalan Menuju Tanah Suci"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)