Kamis, 23 Jan 2020 20:00 WIB

Ramai Diusik, Begini Kisah Berdirinya Netflix

Fino Yurio Kristo - detikInet
Reed Hastings. Foto: GettyImages/Ken Ishii
Jakarta -

Nama Netflix semakin dikenal dan di Indonesia, sedang jadi bahasan yang panas. Mereka adalah pionir dalam bisnis streaming konten video. Bagaimana kisah penciptaannya?

Sosok kunci di balik Netflix adalah Reed Hastings yang juga menjabat sebagai CEO. Berusia 59 tahun, ia lahir di Boston, Massachussets. Kekayaannya diestimasi USD 9 miliar berkat sukses Netflix.

Hastings dibesarkan di keluarga berada. Ayahnya pengacara terkenal. Ia tertarik pada bidang studi matematika dan masuk jurusan itu di Bowdoin College di Maine. Di sana, ia pernah memenangkan kompetisi matematika bergengsi.

Lulus kuliah, Hastings sempat masuk tentara tapi hanya bertahan dua tahun. Tahun 1983 setelah masa itu, dia berpetualang di negara Swaziland, Afrika, bekerja sebagai relawan pengajar matematika. "Itu pengalaman yang sangat memuaskan," katanya.

Dua tahun di Swaziland, Hastings balik ke Amerika Serikat dan menempuh kuliah S2 di Stanford University. Ia lulus tahun 1988 dengan gelar Ilmu Komputer. Setelahnya, dia bekerja di Adaptive Technology sebelum memutuskan mendirikan perusahaan sendiri bernama Pure Software.

Ketika perusahaan itu dicaplok Rational Software pada tahun 1997, Hastings memutuskan pergi dan mendirikan perusahaan lain. Bersama Marc Randolph temannya. Hastings mendirikan Netflix di tahun 1998.

Ramai Diusik, Begini Kisah Berdirinya Netflix

Selanjutnya
Halaman
1 2