Urus Bisnis Ponsel, Xiaomi Bajak Bos Lenovo

Urus Bisnis Ponsel, Xiaomi Bajak Bos Lenovo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 02 Jan 2020 16:59 WIB
Chang Cheng (kedua dari kangan) diperkanlkan sebagai Vice President Group Xiaomi. Foto: Gizmochina
Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari industri smartphone negeri China. Vice President sekaligus Head of Lenovo Mobile Chang Cheng bergabung dengan pesaingnya Xiaomi.

Sebelumnya, Chang Cheng yang telah bergabung dan meniti karir di Lenovo selama 19 tahun terakhir menyatakan mengundurkan diri pada 18 Desember lalu. Hari yang sama pensiunnya Pendiri Lenovo Liu Chuanzhi.

Tak lama berselang, seperti dilansir dari Gizmochina, Kamis (2/1/2020) Chang Cheng menyebrang dan bergabung dengan Xiaomi untuk mengisi pos Vice President Group. Pendiri dan CEO Xiaoi Lei Jun pun menyambutnya dengan hangat.



Dalam menjalankan tugasnya nanti, Chang Cheng akan bertanggungjawab mengenai perencanaan produk yang berkaitan dengan smartphone.

Sebagai informasi, Chang Cheng bergabung dengan Lenovo sejak tahun 2000 sebagai Director of Research and Development di unit bisnis notebook. Di 2011, ia menduduki jabatan Vice President of Lenovo Group dan juga General Manager untuk platform peranti lunak end to end.

Dalam perjalannnya, Chang Cheng pun pernah merasakan sebagai CEO dari merek ponsel Zuk pada Juni 2015. Diketahui, Zuk adalah merek ponsel sub-brand dari Lenovo.



Di bawah kepemimpinan Chang Cheng, Lenovo berjuang di pasar ponsel pintar yang sangat kompetitif, salah satunya dengan Xiaomi, untuk meraup pangsa pasar.

Berada di bawah tekanan luar biasa untuk mendongkrak Lenovo di industri smartphone, Chang Cheng disebut mengundurkan diri dengan alasan kesehatan. Namun, rupanya alasan itu tak membuat Chang Cheng untuk bergabung dengan Xiaomi dengan peran yang sama di Lenovo.

Simak Video "Xiaomi Luncurkan 'Redmi 9', Ini Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)