Jumat, 29 Nov 2019 11:41 WIB

Perancang iPhone dan Sobat Steve Jobs Resmi Tinggalkan Apple

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jonathan Ive. Foto: Getty Images Jonathan Ive. Foto: Getty Images
San Francisco - Jonathan Ive resmi hengkang dari Apple. Pria yang akrab dipanggil Jony Ive ini adalah sosok kunci yang membidani desain perangkat ikonik Apple, dari iPhone, iPad sampai Apple Watch.

Apple sudah mengumumkan Ive akan pergi pada bulan Juni silam tapi tidak menyebut waktu pastinya. Kini, dikutip detikINET dari BBC, foto dan profil Ive sudah tidak ada di halaman website jajaran pimpinan Apple sehingga dipastikan ia telah hengkang.

Ive adalah teman dan orang kepercayaan Steve Jobs. Bersama-sama, dua sosok itu membawa Apple yang berada di ambang kebangkrutan pada tahun 1990-an, menjadi perusahaan teknologi raksasa, disegani lagi oleh dunia.


Kolaborasi Ive dan Jobs membuahkan beragam gadget yang elegan sekaligus ngehits. Dari iMac yang berwarna warni, iPod, iPad dan tentunya sumber uang terbesar bagi Apple, yaitu iPhone.

Saat Jobs meninggal dunia pada 2011, kekhawatiran sempat mengemuka akan masa depan Apple. Namun, kehadiran Ive yang pernah disebut Jobs partner spiritualnya, membantu Apple tetap kuat.

Setelah 30 tahun malang melintang di Apple, Ive pergi dengan misi membesarkan perusahaan desain sendiri yang ia namakan LoveFrom. Apple dipastikan akan jadi salah satu kliennya.

Jony adalah sosok tunggal di dunia desain dan perannya dalam kebangkitan Apple tidak dapat dielakkan, dari terobosan iMac tahun 1998 ke iPhone dan ambisi Apple Park yang belum pernah terjadi sebelumnya, di mana baru-baru ini ia telah menaruh begitu banyak energi dan perhatiannya," kata Tim Cook, CEO Apple dalam keterangan saat mengumumkan kepergian Ive.

"Apple akan terus mendapat manfaat dari bakat Jony dengan bekerja secara langsung dengannya di proyek-proyek eksklusif, dan melalui kerja berkelanjutan dari tim desain yang brilian dan bersemangat yang telah ia bangun. Setelah bertahun-tahun bekerja sama dengan erat, saya senang bahwa hubungan kami terus berkembang dan saya berharap untuk bekerja dengan Jony jauh ke masa depan," ujar Cook.



Simak Video "Perancang iPhone Jonathan Ive Resmi Hengkang dari Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/jsn)