Senin, 11 Nov 2019 11:52 WIB

Festival Hari Jomblo, Alibaba Raup Rp 168 Triliun dalam Sejam

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kick off festival Singles Day. Foto: Reuters Kick off festival Single's Day. Foto: Reuters
Hangzhou - Festival belanja Single's Day atau hari jomblo sedang berlangsung di China. Ajang tahunan ini kembali menjadi berkah buat Alibaba yang dulu adalah pencetusnya.

Hanya dalam sejam sejak festival itu kick off, Alibaba mengumumkan pendapatan USD 12 miliar atau tembus Rp 168 triliun, merupakan lonjakan 22% dari tahun silam.

Dikutip detikINET dari Reuters, festival Single's Day pertama kali digelar tahun 2009 oleh Daniel Zhang yang kini Chairman Alibaba. Sejak itu, festival diskon toko online tersebut menjadi ajang besar, setara dengan Black Friday atau Cyber Monday di Amerika Serikat.


Berlangsung selama 24 jam, tahun lalu total pendapatan Alibaba mencapai USD 30 miliar. Tahun ini, Alibaba membuka Single's Day dengan menghadirkan penyanyi kenamaan asal Amerika Serikat, Taylor Swift.

Dalam semenit, penjualan sudah mencapai USD 1 miliar. Netizen di Negeri Tirai Bambu pun banyak membicarakan soal hari jomblo tersebut di media sosial seperti Weibo.

Alibaba menargetkan ada 500 juta user berpartisipasi dalam event kali ini, naik 100 juta dibandingkan tahun lalu. Di sisi lain, ini adalah pertama kalinya Alibaba menggelar pesta diskon terbesarnya tanpa sang pendiri Jack Ma, yang telah pensiun September 2019.

Alibaba masih toko online terbesar walau belakangan kompetisi kian ketat, misalnya dari JD.com. Juga ada nama baru seperti startup Pinduoduo yang mengincar kota kecil di China.



Simak Video "Belum Ingin Ekspansi ke Luar Negeri, Tokopedia Becermin dari Alibaba"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)