Jumat, 08 Nov 2019 09:41 WIB

Sudah Pensiun, Jack Ma Tetap Terkaya di China

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jack Ma kala jadi rocker. Foto: Reuters Jack Ma kala jadi rocker. Foto: Reuters
Jakarta - Jack Ma sudah pensiun dari Alibaba sejak 10 September silam. Akan tetapi, statusnya sebagai orang terkaya di China belum tergoyahkan.

Dalam daftar terbaru Forbes China Rich List, Jack Ma kembali menempati ranking pertama manusia terkaya di negeri Tirai Bambu. Hartanya naik dari USD 34,6 miliar di 2018 menjadi USD 38,2 miliar tahun ini.

"Pertumbuhan ekonomi China mungkin melambat tapi entrepreneur negara itu terus menemukan cara membuat bisnis dan peruntungan baru," cetus Russel Flanery, Editor in Chief Forbes China yang dikutip detikINET dari CNBC.


Total kekayaan 400 orang yang masuk daftar Forbes meningkat jadi USD 1,29 triliun dari jumlah USD 1,06 triliun tahun silam. Berarti peningkatannya lebih dari 20%.

Ada 60 orang kaya baru yang masuk dalam daftar. Ranking Forbes ini hanya mencakup mereka dengan harta minimum USD 1 miliar.

Setelah Jack Ma, ada pesaing abadinya yakni Pony Ma Huateng, pendiri dan CEO Tencent. Pony Ma meraup kekayaan USD 36 miliar tahun ini.

Dari jagat teknologi, nama lain yang masuk adalah Colin Huang, CEO e commerce Pinduoduo di urutan 7 dengan USD 21,2 miliar, William Ding selaku CEO NetEase di ranking 8 dengan USD 17,2 miliar serta terakhir CEO ByteDance, Zhang Yiming, dengan USD 16,2 miliar.



Simak Video "Kontroversi Kebijakan Jack Ma Soal Jam Kerja 996"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)