Jumat, 25 Okt 2019 17:57 WIB

Jeff Bezos Tak Lagi Terkaya, Bill Gates Kembali Bertakhta

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jeff Bezos dan Bill Gates. Foto: Business Insider Jeff Bezos dan Bill Gates. Foto: Business Insider
Jakarta - Beberapa lama menjadi orang terkaya di dunia, Jeff Bezos akhirnya tersungkur. Pendiri Amazon itu terimbas dari turunnya harga saham raksasa e-commerce yang ia besarkan.

Dikutip detikINET dari Forbes, saham Amazon turun 7% dan membuat harta Bezos merosot menjadi USD 103,9 miliar. Maka, ia disalip oleh sang pendiri Microsoft, Bill Gates, yang memiliki harta USD 105,7 miliar.

Gates yang biasanya langganan paling tajir sejagat sudah disalip oleh Bezos sejak tahun 2018. Saat itu, Bezos punya harta USD 160 miliar.


Faktor utama yang menggerogoti kekayaan Bezos adalah pembagian harta dengan mantan istri, MacKenzie. Perceraian mereka yang rampung prosesnya awal tahun ini mengharuskan Bezos menyisihkan sekitar USD 32 miliar buat MacKenzie.

Amazon melaporkan 26% penurunan pendapatan bersih untuk kuartal III, pertama terjadi sejak tahun 2017. Itulah yang memicu harga sahamnya melemah.

Bezos masuk daftar orang terkaya Forbes sejak tahun 1998 atau setahun setelah Amazon go public, waktu itu hartanya USD 1,6 miliar. Adapun Bill Gates sudah masuk sejak daftar miliarder Forbes debut, yaitu pada tahun 1987 dengan kekayaan USD 1,25 miliar.

Gates sudah lama tidak aktif di Microsoft sejak berkecimpung di dunia kemanusiaan melalui yayasan Bill & Melinda Gates Foundation. Sementara Bezos masih betah memimpin Amazon.


Jeff Bezos Tak Lagi Terkaya, Bill Gates Kembali Bertakhta


Simak Video "Otak Genius Bill Gates Layaknya ''Multiprocessor''"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)