Minggu, 22 Sep 2019 13:36 WIB

10 Tahun Tokopedia, Pengguna Aktif Bulanan Tembus 90 Juta

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: tokopedia Foto: tokopedia
Jakarta - Pada Agustus 2019 lalu Tokopedia memasuki usianya yang ke-10, dan mereka memamerkan sejumlah pencapaiannya di usia tersebut. Apa saja?

Dalam keterangan yang diterima detikINET, Tokopedia membeberkan sejumlah pencapaian di usianya yang ke-10 tersebut. Pencapaian itu utamanya dalam hal jumlah penjual dan jumlah produk yang terdaftar pada platform mereka itu.

Tokopedia memperingati usianya yang ke-10 itu dengan kampanye bertajuk #MulaiAjaDulu, dan kampanye ini menurut mereka mempunyai dampak bagi perkembangan bisnis Tokopedia, dan perekonomian digital Indonesia secara khusus.

"Berdasarkan data internal Agustus 2019, terdapat peningkatan jumlah penjual di Tokopedia, dari yang sebelumnya 6,2 juta menjadi 6,4 juta. Artinya ada sejumlah pebisnis online pemula, yang notabene pegiat baru UMKM Indonesia, penyumbang lebih dari 60 persen perekonomian negara. Kami kini telah menjadi 'rumah' bagi jutaan pejuang ekonomi ini," tulis VP of Corporate Communication Tokopedia Nuraini Razak dalam keterangan yang diterima detikINET.

Meningkatnya jumlah penjual itu juga diikuti oleh peningkatan pada jumlah produk yang tersedia di Tokopedia. Peningkatannya itu sebesar 30%, dari 150 juta produk menjadi 200 juta produk. Begitu pula dengan jumlah pengguna aktif bulanan Tokopedia yang diklaim mencapai 90 juta.

Nah, berbagai peningkatan ini pun berbanding lurus dengan kebutuhan sumber daya manusia, yang menurut Tokopedia, menjadi aset mereka yang paling berharga.

"Kami percaya bahwa dibutuhkan talenta terbaik untuk menciptakan produk terbaik yang bisa mempermudah masyarakat Indonesia. Maka Tokopedia secara konsisten merekrut putra-putri terbaik bangsa yang punya misi besar sama untuk Indonesia, yaitu melakukan pemerataan ekonomi secara digital. Sepanjang bulan Agustus 2019 saja, kami merekrut lebih dari 200 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia -red) baru. Saat ini, jumlah Nakama mencapai lebih dari 4.500 orang," tutupnya.

Simak Video "Fix! Tokopedia Gandeng BTS Jadi Brand Ambassador"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)