Minggu, 25 Agu 2019 11:25 WIB

'Dolar AS Mungkin Digantikan Libra Facebook'

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Mark Carney, Gubernur Bank of England, membicarakan kemungkinan transformasi sistem finansial global bisa saja digantikan oleh mata uang digital, seperti Libra Facebook.

Saat berbicara di simposium tahunan U.S. Federal Reserve di Jackson Hole, Wyoming, Carney mengatakan mata uang digital Libra bisa menggantikan dolar Amerika Serikat (AS) sebagai mata uang cadangan dunia.




Seperti dikutip dari Bloomberg, Carney mengatakan bahwa menggantikan dollar dengan mata uang digital bisa menjadi opsi yang lebih baik ketimbang membolehkan status cadangan digantikan oleh mata uang nasional negara lain, misalnya China renminbi.

"Kombinasi dari ketidakpastian kebijakan ekonomi yang meningkat, proteksionisme langsung dan kekhawatiran yang lebih jauh, guncangan negatif tidak dapat diimbangi secara memadai karena ruang kebijakan yang terbatas memperburuk bias disinflasi dalam ekonomi global," sebutnya.

Juli lalu, Carney berpendapat bahwa Libra, karena skala proyeknya yang besar, harus benar-benar sempurna sejak awal agar dapat dirilis.




"Jika berhasil, ini akan menjadi sistemik, karena melibatkan sejumlah besar pengguna. Dan jika Anda adalah sistem pembayaran sistemik, Anda harus sempurna. Anda tidak bisa membuat orang kehilangan uang dari dompet mereka," sebutnya.

Respons Carney terhadap Libra Facebook sangat berbeda dengan ketika Bitcoin banyak diperbincangkan. Pada Februari 2018, Carney mengklaim bahwa Bitcoin (BTC) tidak dapat dianggap sebagai mata uang yang sah dalam definisi tradisional alias tidak bisa digunakan sebagai alat pertukaran, atau penyimpan nilai.




Simak Video "Makan Waffle Gratis Sambil Konsultasi soal Privasi di Facebook Cafe"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com