Rabu, 07 Agu 2019 09:48 WIB

Alibaba Cloud Incar 2 Ribu Startup di Indonesia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Alibaba Cloud tahun ini meluncurkan data center keduanya di Indonesia. Ke depannya, Alibaba pun berencana untuk terus mengembangkan bisnis mereka di Tanah Air.

"Kami sangat senang kami punya data center di Indonesia. Kami merasa ini keputusan baik untuk masuk ke sini hampir empat tahun yang lalu. Tapi mengenai persentase dan data pasti (pertumbuhan), maaf kami tidak bisa memberi tahu, tapi pertumbuhan bisnis kami terus meningkat secara bagus," kata President of Alibaba Cloud Intelligence International Selina Yuan, saat berbincang dengan detikInet, Selasa (6/8/19), di Kempinski Hotel, Jakarta Pusat.

Sementara itu, General Manager Alibaba Cloud di Indonesia Leon Chen, dalam kesempatan yang sama, mengungkapkan peluncuran data center pada 2018 dilakukan karena adanya pertumbuhan yang dramatis pada bisnis Alibaba dan partner lokal.


"Kami merasa alasan data center kedua kami ini untuk melayani customer lokal, dan bukan cuma pengusaha muda tapi juga perusahaan start up," ungkap Chen.

Chen menuturkan, bisnis mereka lebih berfokus pada retail, media, dan fintech. Akan tetapi, Alibaba Cloud juga akan bergerak untuk melayani dan bekerjasama dengan berbagai segmen berbeda.

"Baru-baru ini kami kerjasama dengan Tokopedia," ujar Yuan.

Lebih lanjut, Yuan percaya bahwa Alibaba sangat positif untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

"Tahun depan kami ingin melayani 2.000 start up dan pengusaha di Indonesia, ini target kami. Kami percaya, Alibaba Cloud adalah yang nomor terdepan di Asia Pasifik," sambungnya.

Rencana Alibaba Cloud di Indonesia, Mau 'Bangun' 2 Ribu Start UpPresident of Alibaba Cloud Intelligence International Selina Yuan dan General Manager Alibaba Cloud Indonesia Leon Chen. Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET


Rencana ke depan di Indonesia

Selina Yuan mengatakan Alibaba akan terus mengembangkan bisnis di Indonesia. "Seperti diketahui kami punya data center kedua di sini. Kami punya tim lokal yang hebat, kami telah melakukan program pelatihan juga di sini untuk customer dan partner kami," ungkapnya.

Alibaba Cloud sendiri telah melakukan pelatihan di berbagai negara. Di Singapura misalnya, untuk menunjukkan komitmennya dalam membangun pengusaha lokal.


"Seperti Singapura dan negara lain, kami memperluas juga pelatihan misalnya di Indonesia. Kami juga akan meningkatkan teknologi kita dengan sentral data kami di sini. Indonesia pasar kami yang sangat penting, kami ingin berkontribusi lebih dengan partner kami di sini," tutupnya.

Simak Video "Kontroversi Kebijakan Jack Ma Soal Jam Kerja 996"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)