Selasa, 30 Jul 2019 11:22 WIB

Vendor Ponsel Meizu Tutup Toko dan Pecat Karyawan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Salah satu smartphone Meizu. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Salah satu smartphone Meizu. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Beijing - Meizu rupanya sedang berjuang untuk survive. Salah satu vendor ponsel asal China yang pernah besar itu terpaksa mengurangi jumlah tokonya sampai memangkas para karyawan.

Dikutip detikINET dari Gizchina, karyawan Meizu kabarnya tahun ini dipangkas sampai 30% dengan divisi marketing paling banyak kena imbasnya. Sementara ada beberapa petinggi perusahaan yang lengser seperti Vice President Li Nan serta bos Systems Engineer, Hong Hansheng.




Pada tahun 2016 saat masih cukup jaya, Meizu punya lebih dari 2.700 toko di seluruh China. Saat ini jumlahnya berkurang drastis di mana hanya ada 5 sampai 6 toko di tiap provinsi di Negeri Tirai Bambu.

Langkah-langkah itu dilakukan demi menghemat uang perusahaan serta bertahan di tengah kompetisi sangat sengit. Di tengah kesulitan itu, Meizu memastikan akan terus menelurkan model baru, termasuk ponsel 5G pertamanya.

"Jangan cemas, ponsel 5G Meizu akan datang. Kami akan meluncurkannya tahun depan karena pada saat itu, 5G sudah matang buat konsumen," cetus pendiri dan CEO Meizu, Huang Zhang atau juga kerap disapa Jack Wong.





Diperkirakan, smartphone tersebut akan bernama Meizu 17, alias penerus dari Meizu 16 yang dirilis tahun lalu. Belum ada keterangan mengenai spesifikasi maupun desainnya.

Meizu didirikan pada tahun 2003. Dulu mereka pertama kali menjual perangkat pemutar MP3 sebelum terjun ke bisnis smartphone pada tahun 2008. Selain di China, mereka juga sempat memasarkan ponselnya di mancanegara termasuk Indonesia.



Simak Video "Luncurkan C9, Meizu Siap Saingi Advan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed