Jumat, 26 Jul 2019 21:30 WIB

Strategi Blibli Bantu UMKM Lapaknya Lebih Laris

Nurcholis Maarif - detikInet
Foto: CEO Blibli Kusumo Martanto dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (Foto: Adi Fida/detikcom). Foto: CEO Blibli Kusumo Martanto dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (Foto: Adi Fida/detikcom).
Jakarta - Blibli menargetkan peningkatan order untuk membantu penjualan produk mitra merchant dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Saat ini, dari 70 ribu mitra merchant Blibli, 10 ribu darinya berasal dari UMKM.

"Produk UMKM kan biasanya (harganya) di bawah jutaan. Untuk membantu mereka, butuh lebih banyak order. Itu yang kita targetkan di tahun ini, yaitu (peningkatan) jumlah order," ucap CEO Blibli Kusumo Martanto saat perayaan ulang tahun Blibli ke-8 di Hotel Santika, Jakarta pada Jumat (26/7/2019).

Kusumo juga mengatakan bahwa produk UMKM yang dijual lewat Blibli didominasi oleh tiga produk, yaitu pakaian, kuliner, dan archencraft. Ia juga mengatakan bahwa lebih ingin mendorong UMKM yang melakukan produksi dan bukan sebagai reseller serta tidak melihat besar atau kecilnya bisnis yang dijalankan.

"UMKM yang produce, bukan reseller. Bukan besar kecilnya bisnis tapi produknya," ucap Kusumo.


Menurut Kusumo, pihaknya juga sudah bekerja sama dengan beberapa pemerintah daerah dalam memberdayakan UMKM. Selain itu, ia juga melakukan pelatihan-pelatihan untuk mempersiapkan UMKM mengekspor produknya, termasuk melalui kompetisi wirausaha The Big Start (TBS).

"Kita sudah lihat beberapa sudah siap untuk bisa lebih besar lagi. Semoga mungkin tahun depan lah lagi kita siapkan, yang sudah siap bisa ekspor, keluar dari Indonesia," ucap Kusumo.

Adapun kendala yang menjadi pekerjaan rumah, menurut Kusumo, adalah sosialisasi produk lokal sehingga konsumen semakin berminat untuk membeli. Hal ini menurutnya terletak dari konsumen agar mau membeli dan mencintai produk-produk lokal.

Lanjut Kusumo, akan bekerja sama dengan beberapa pihak untuk mempromosikan produk lokal dan UMKM agar menarik konsumen untuk membeli.



Simak Video "Menkominfo Dukung E-commerce Majukan Ekonomi Digital dengan Rangkul UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(idr/idr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed