Jumat, 26 Jul 2019 19:08 WIB

Startup Lokal Halodoc Disuntik Yayasan Bill Gates

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Bill & Melinda Gates Foundation menyuntikkan dana segar ke kantong startup lokal, Halodoc. Sesuai namanya, organisasi filantropi global tersebut adalah yayasan yang didirikan pendiri Microsoft Bill Gates bersama sang istri, Melinda Gates.

"Sebagai aplikasi layanan kesehatan online dengan misi simplifying healthcare, kemitraan strategis ini akan membantu meningkatkan kualitas dan jumlah pilihan layanan kesehatan yang tersedia untuk masyarakat Indonesia yang tinggal di luar kota besar - terutama di luar pulau Jawa- di mana infrastruktur layanan kesehatan belum banyak dibangun," tutur CEO Halodoc Jonathan Sudharta seperti dikutip dari situs Halodoc, Jumat (26/7/2019).

"Halodoc bertekad untuk belajar dari rekam jejak the Bill & Melinda Gates Foundation yang telah lama bekerja sama dengan para mitranya untuk memberikan solusi layanan kesehatan terbaik dan meningkatkan kualitas hidup di seluruh dunia," Jonathan melanjutkan.



Adapun dalam pendanaan tambahan yang tak disebutkan nilainya ini juga bersumber dari Allianz X dan Prudential. Keduanya adalah perusahaan asuransi global yang telah menjadi pengguna layanan Halodoc. Adapun dana tersebut akan digunakan untuk melanjutkan komitmen Halodoc mempermudah layanan kesehatan melalui pemanfaatan teknologi di Indonesia.

Halodoc telah mengumpulkan tiga putaran pembiayaan dari investor institusi, dengan pendanaan terakhir yang ditutup awal tahun ini, dipimpin oleh UOB Venture Management. Investor lain dalam putaran pembiayaan termasuk Singtel Innov8, Korea Investment Partners, dan WuXi AppTec.

Startup Lokal Halodoc Disuntik Yayasan Bill GatesFoto: Rachman Haryanto


Investor yang sudah ada seperti Go-Ventures, BliBli, Openspace Ventures, dan Investidea juga telah berpartisipasi. Secara total, Halodoc telah mengumpulkan hampir USD 100 juta (sekitar Rp1,4 Triliun).

Halodoc mengoperasikan platform seluler bagi pasien untuk mengakses dokter setiap saat sepanjang hari dan pengiriman obat di 50 kota, serta layanan laboratorium rumah, meningkatkan aksesibilitas ke pelayanan kesehatan yang mudah, terjangkau, dan dapat diandalkan. Rata-rata, Halodoc melayani sekitar tujuh juta pasien per bulan di seluruh Indonesia, dengan 80% pasien berada di luar kota-kota utama (Jakarta dan Surabaya).



"Karena sulitnya aksesibilitas kesehatan di Indonesia, Halodoc berkomitmen menciptakan inisiatif baru bersama dengan investor kami, untuk membantu masyarakat Indonesia mengakses layanan kesehatan dengan lebih mudah. Kami berharap, bersama-sama, dapat menghadirkan layanan kesehatan berkualitas tinggi dan terjangkau di seluruh Indonesia," tambah Jonathan.

Carsten Middendorf, Investment Director di Allianz X menilai bahwa Halodoc berhasil mendorong transformasi digital industri healthcare Indonesia melalui pendekatan holistik untuk pasien dan mitra strategis kuat, seperti Allianz dan Gojek.

"Investasi ini menyoroti komitmen kami terhadap bisnis transformatif di pasar berkembang dan memberikan asuransi yang terjangkau bagi masyarakat yang kurang terlayani. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Halodoc di berbagai vertikal, dan membantu memperkuat operasi dan jaringan mereka di pasar Asia Tenggara yang lebih luas," pungkasnya.



Startup Lokal Halodoc Disuntik Yayasan Bill Gates


Simak Video "Halodoc Jamin Privasi Percakapan Dokter-Pasien di Platformnya Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)