Rabu, 24 Jul 2019 17:04 WIB

Ini Calon CEO Baru Apple

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jeff Williams. Foto: Observer Jeff Williams. Foto: Observer
Jakarta - Sudah sekitar 8 tahun Tim Cook menjadi CEO Apple semenjak menggantikan mendiang Steve Jobs pada tahun 2011. Tak salah jika Apple sudah menyiapkan calon penggantinya jika suatu saat nanti Cook lengser.

Dikutip detikINET dari Tech Spot, sosok dimaksud adalah Chief Operating Officer Apple, Jeff Williams. Dengan kepergian bos desain Apple, Jonathan Ive, beberapa waktu silam, Jeff pun saat ini disebut sebagai orang terkuat kedua di Apple saat ini setelah Tim Cook.

Menurut laporan Bloomberg, Jeff adalah calon penerus Cook yang kini berusia 58 tahun. Dulu sebelum menjabat CEO, Cook juga adalah COO Apple, jabatan yang saat ini dipegang oleh Jeff.




Beberapa sumber karyawan Apple menyebutkan Jeff adalah bos yang disiplin, sederhana tapi juga penuntut. Sebagai COO, dia bertanggungjawab mengawasi rantai suplai gadget Apple.

Jika Jobs dikenal temperamental, Jeff sifatnya mirip dengan Cook yang kalem. "Sang COO ini, seperti bosnya, suka melihat, mendengarkan dan melontarkan pertanyaan tajam," tulis Bloomberg.

Kesamaan dengan Cook tak sampai di situ saja. Jeff sebaya dengan Cook, sama-sama meraih gelar MBA di Duke University, tumbuh di wilayah Amerika Serikat bagian selatan dan pernah pula bekerja di IBM sebelum masuk ke Apple.




Tentunya jikapun jadi kenyataan, diperkirakan masih lama Jeff memegang pucuk pimpinan Apple karena belum ada tanda-tanda Cook bakal lengser. Namun Apple sudah lebih tenang karena penggantinya sudah disiapkan.

"Dia adalah orang di perusahaan yang paling dekat dengan Tim Cook dan lebih lagi. Jika Anda berpikir Tim Cook bagus pekerjaannya, maka Jeff adalah pilihan bagus," kata seorang mantan eksekutif Apple.




Simak Video "Tim Cook Beri Penjelasan Soal Hengkangnya Jony Ive dari Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)