Selasa, 23 Jul 2019 17:02 WIB

Xiaomi Bagi-bagi Saham Rp 335 Miliar ke Karyawannya

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Lei Jun, CEO sekaligus pendiri Xiaomi. Foto: REUTERS/Jason Lee Lei Jun, CEO sekaligus pendiri Xiaomi. Foto: REUTERS/Jason Lee
Jakarta - Xiaomi dilaporkan telah memberikan tiap karyawannya 1.000 lembar saham perusahaan tersebut secara cuma-cuma. Hal ini merupakan bentuk selebrasi dari kesuksesan mereka dalam merangsek masuk ke daftar Fortune 500 versi global untuk pertama kali.

Lebih dari 20 ribu orang diganjar hadiah tersebut pada 19 Juli lalu, baik itu yang statusnya karyawan tetap maupun tim outsourcing, sebagaimana detikINET kutip dari South China Morning Post, Selasa (23/7/2019). Kala itu, harga saham Xiaomi terpantau berada di angka 9,11 dolar Hong Kong.
Jika mengikuti kurs pada waktu itu, maka tiap orang mendapat saham senilai 9.110 dolar Hong Kong, atau sekitar Rp 17 juta. Xiaomi mengumumkan total nilai saham yang dibagikannya menyentuh angka 187,5 juta dolar Hong Kong, atau sekitar Rp 335 miliar.

Xiaomi sendiri menduduki peringkat ke-468 dalam daftar keseluruhan Fortune Global 500. Sedangkan untuk kategori Layanan Internet dan Retail, ia nyaman di posisi ke-7.

Capaiannya tersebut tak lepas dari keberhasilannya dalam membukukan pendapatan sebesar USD 26,4 miliar (Rp 369 triliun) pada tahun fiskal lalu. Selain itu, mereka juga berhasil meraup keuntungan USD 2 miliar (Rp 27 triliun) pada tahun fiskal yang sama.

Lebih spesial lagi, Xiaomi menjadi perusahaan termuda yang berada dalam daftar Fortune Global 500 edisi 2019 ini. Didirikan pada April 2010, produsen ponsel terbesar keempat dunia ini baru berusia sembilan tahun.
Sayangnya, kegembiraan ini tidak berbanding lurus dengan tren pergerakan harga sahamnya. Angka yang tampil saat penutupan pasar 19 Juli lalu merepresentasikan penurunan sebesar 46% dari debutnya melantai di bursa.

Xiaomi sendiri mengumumkan IPO setahun lalu. Saat itu, sahamnya dihargai senilai 17 dolar Hong Kong per lembar.

Simak Video "Meski Dibanderol Murah, Redmi 7A Suguhkan Prosesor Lebih Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed