Senin, 22 Jul 2019 06:45 WIB

Huawei Daftarkan Paten Teknologi Kamera Anyar, Apa Saja?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Bocoran desain kamera Mate 30 Pro. Foto: Istimewa Bocoran desain kamera Mate 30 Pro. Foto: Istimewa
Jakarta - Beberapa bulan sebelum Mate 30 Pro dijadwalkan meluncur, Huawei mendaftarkan paten beberapa teknologi kamera anyar. Apa saja?

Ada dua paten yang terkait teknologi kamera, dan keduanya diperkirakan akan menjadi fitur andalan Mate 30 Pro. Kedua paten tersebut adalah 'Cine-Lens' dan 'Camera Matrix', demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Senin (22/7/2019).



Belum diketahui bagaimana penjelasan dari kedua teknologi ini. Namun, kata 'Cine-Lens' dalam deskripsinya disebut sebagai 'Cinema photography; optical lenses for recording, reproduction, and processing of sound, images, and/or data'.

Huawei Daftarkan Paten Teknologi Kamera Anyar, Apa Saja?Foto: GSM Arena


Dari deskripsi ini, bisa muncul asumsi kalau Mate 30 Pro bakal dilengkapi lensa sinematik, atau lensa untuk kamera video, yang lazimnya memang didesain khusus dan berbeda dari lensa untuk kegiatan fotografi.

Dan karena Huawei bekerja sama dengan Leica, bukan tak mungkin Leica-lah yang akan mendesain lensa khusus video tersebut, dan jika benar, hal ini akan menjadi pencapaian baru bagi Huawei-Leica.

Pasalnya sampai saat ini, ponsel-ponsel Huawei yang dilengkapi kamera Leica selama ini lebih difokuskan pada kegiatan fotografi, dan terbilang agak kurang pada sisi perekaman video. Lalu soal istilah 'Camera Matrix', mungkin ini adalah cara Huawei mendeskripsikan layout kamera di seri Mate yang sebelumnya berbentuk persegi.

Huawei Daftarkan Paten Teknologi Kamera Anyar, Apa Saja?Foto: GSM Arena


Belum diketahui berapa banyak kamera yang akan dibenamkan di Mate 30 Pro, namun jika bocoran yang ada selama ini tepat, mungkin ponsel jagoan Huawei itu akan dilengkapi empat atau lima kamera. Namun yang belum diketahui, apakah ponsel tersebut akan menggunakan kamera bergaya periskop seperti yang ada di P30 Pro.



Mate 30 Pro sendiri belum diketahui tanggal peluncurannya, namun jika mengikuti jadwal yang seri sebelumnya, kemungkinan ponsel tersebut akan meluncur pada Oktober mendatang.


Huawei Daftarkan Paten Teknologi Kamera Anyar, Apa Saja?


Simak Video "Huawei Akui Tak Kena Dampak Signifikan Kebijakan AS soal Boikot China"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)