Kamis, 18 Jul 2019 18:00 WIB

Dear Fanboy Apple, Kamu Tak Lagi Setia Pakai iPhone?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi iPhone. Foto: Issei Kato/Reuters Ilustrasi iPhone. Foto: Issei Kato/Reuters
Jakarta - Sejak dulu, pengguna iPhone terbilang lebih setia ketimbang pengguna Android. Tetapi sebuah studi memperlihatkan tingkat loyalitas itu mulai berkurang.

Berdasarkan laporan dari BankMyCell, lebih sedikit pengguna yang menukarkan ponsel lamanya dengan iPhone anyar. Mereka memantau dan mengumpulkan data dari 38 ribu orang yang menukar ponselnya sejak Oktober 2018 lalu.

Hal itu dilakukan untuk memantau loyalitas pengguna iPhone ketika siklus upgrade ponsel terjadi. Dan dari data tersebut terlihat kalau retensi pengguna iPhone menurun 15,2% dibanding pada Maret 2018.

Kesetiaan pengguna Samsung kini bahkan lebih tinggi ketimbang pengguna iPhone. Ada 26% pengguna iPhone X yang menjual ponselnya dan berpindah ke merek ponsel lain. Sementara hanya 7,7% pengguna Galaxy S9 yang mengganti ponselnya ke iPhone, sementara 92,3%-nya bertahan di OS Android.




Pada Juni 2019, ada 18% pengguna iPhone yang menukar ponselnya ke ponsel merek Samsung. Lalu BankMyCell menggunakan data lain yang menyebut loyalitas pengguna iPhone berada di titik terendah sejak 2011, yaitu 73%, dibanding titik tertingginya pada 2017 yang mencapai 92%.

Jika melihat data penjualan, Kantar menyebut pada kuartal yang berakhir pada Juni 2019, 36% ponsel yang terjual di AS adalah perangkat berbasis iOS, menurun 2,4% secara year on year. Sementara penjualan ponsel Android meningkat 2,5% dengan total market share sebesar 61%.

Sementara Gartner menyebut pengapalan ponsel sedang mengalami penurunan terburuk sepanjang sejarah. Diperkirakan pengapalan ponsel secara global bakal merosot sebanyak 68 juta perangkat pada 2019 ini, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (18/7/2019).




Dear Fanboy Apple, Kamu Tak Lagi Setia Pakai iPhone?


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com