Rabu, 10 Jul 2019 06:10 WIB

Nintendo Mau Produksi Switch di Vietnam

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa/Businessinsider Foto: Istimewa/Businessinsider
Jakarta - Nintendo bakal memindahkan sebagian produksi Switch ke Vietnam dari China. Tujuannya adalah untuk mendiversifikasi lokasi produksi konsol game andalan mereka itu.

Perpindahan ini membuat Nintendo bergabung dengan sejumlah perusahaan lain yang memindahkan fasilitas produksinya ke luar China untuk menghindari bea impor tinggi ke Amerika Serikat.

Bea impor tinggi itu adalah salah satu dampak dari perang dagang antara Amerika Serikat dan China yang tak kunjung usai, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Selasa (9/7/2019).


Nintendo sendiri saat ini meng-outsource produksi Switch ke perusahaan pihak ketiga yang berlokasi di China. Nantinya, produksi tersebut akan dialihkan sebagian ke Vietnam, tepatnya pada musim panas 2019 ini.

Tujuannya jelas, mendiversikasi risiko dan bersiap menghadapi bea masuk tinggi yang ditetapkan oleh AS untuk produk yang diimpor dari China. Setelah Nintendo, ada juga sejumlah perusahaan lain yang berencana memindahkan produksinya dari China, antara lain adalah Sharp dan Ricoh.

Sebelum Nintendo, ada juga Apple yang sudah meminta para penyuplai komponen perangkatnya untuk memperhitungkan biaya yang harus ditanggung jika 15% - 30% kapasitas produksinya dipindah dari China ke Asia Tenggara.

Nintendo Mau Produksi Switch di Vietnam
(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed