Kamis, 04 Jul 2019 14:55 WIB

HP dan Dell Berencana 'Keluar' dari China?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi perangkat PC Dell. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET Ilustrasi perangkat PC Dell. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Jakarta - Beberapa perusahaan teknologi Amerika Serikat (AS) dikabarkan akan menggeser lini produksinya secara besar-besaran dari China. Rencana tersebut tak terlepas dari perang dagang antara AS-China.

Tensi ketegangan antara kedua belah pihak sebenarnya sempat melunak. Presiden AS Donald Trump pun terindikasi sudah memberi lampu hijau kembali kepada perusahaan AS untuk menjual produknya ke perusahaan China seperti Huawei.




Namun, rupanya itu tidak berlangsung lama. Niatan memindahkan sebagian produksi dari China sudah tertanam di benak perusahaan AS, yang menghadapi biaya operasi tinggi di negeri Tirai Bambu tersebut.

Dikutip dari Reuters, Kamis (7/4/2019), produsen perangkat PC, seperti HP Inc dan Dell Technologies berencana untuk merealokasi hingga 30% dari produk notebook mereka keluar China.

Selain HP dan Dell, Microsoft, Alphabet, Amazon, Sony, dan Nintendo juga tengah mempertimbangkan untuk memindahkan beberapa pembuata konsol game hingga speaker pintar di tempat yang lain. Meskipun sampai sekarang belum ada konfirmasi dari perusahaan-perusahaan di atas.




Berbanding terbalik, Apple justru kabarnya akan merakit versi Mac Pro yang desainnya seperti parutan keju itu di China. Padahal, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS tersebut memproduksi Mac Pro generasi sebelumnya dirancang di kadang mereka sendiri.

Bahkan yang terbaru menyebutkan Apple disebut akan menggarap iPhone khusus untuk pasar China. Perbedaan dari iPhone sejenis, nantinya yang versi tersebut tidak tampak adanya fitur Face ID dengan Touch ID bakal dikedepankan.



Simak Video "Belum Bisa Hadirkan Alienware, Dell G7 Menyimpan Warisannya"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed