Senin, 17 Jun 2019 11:19 WIB

Pria 'Bermulut Besar' di Balik Sukses Huawei

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Richard Yu. Foto: REUTERS/Sergio Perez Richard Yu. Foto: REUTERS/Sergio Perez
Jakarta - Jika ada satu sosok yang berperan besar dalam kebangkitan Huawei, dia adalah Richard Yu sang CEO. Sang bos dikenal "bermulut besar" namun biasanya mampu mewujudkan apa yang dikatakannya.

Kebanyakan eksekutif senior Huawei dikenal low profile sementara Yu oleh netizen China disebut 'Big Mouth Yu'. Sejak dulu, bahkan ketika Huawei belum pemain besar, dia sudah vokal mengutarakan ambisi perusahaannya jadi raksasa yang disegani di jagat smartphone.

Dikutip detikINET dari South China Morning Post, Yu yang lahir tahun 1969 meraih gelar master dari universitas bergengsi Tsinghua University dan gabung dengan Huawei pada tahun 1993. Berbagai jabatan tinggi diraihnya hingga kini jadi CEO Consumer Business Group.

Salah satu jasa besarnya adalah membuat Huawei berkibar di Eropa yang berawal tahun 2004. Kala itu, operator kecil di Belanda, Telfort, ingin menggelar jaringan 3G, namun mereka terkendala biaya dan ruang untuk menempatkan base station.




Mereka pun memutuskan mendekati Huawei yang saat itu di Eropa belum banyak karyawannya. Yu langsung beraksi dan meminta para engineer membuat solusi bagi Telfort. Sekitar seminggu, mereka sukses menciptakan BTS yang murah dan hanya perlu ruang kecil untuk instalasi.

Telfort terpukau dan mereka menyepakati kontrak senilai 230 juta euro dengan Huawei. Nama Huawei pun kembali diperhitungkan. Tahun berikutnya, Huawei memenangkan kontrak dengan BT Group dan menjadi suplier Vodafone Group, keduanya berbasis di Inggris.

Sukses besar di Eropa itu membuat nama Yu makin diperhitungkan dan masuk ke direksi perusahaan, di antara sejumlah kecil orang yang menentukan arah bisnis Huawei.

Halaman Berikutnya: Lesatkan Bisnis Smartphone Huawei


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed