Kamis, 06 Jun 2019 19:20 WIB

Microsoft Gandeng Oracle untuk Lawan Amazon

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kantor Microsoft. Foto: Filmateria Digital LLC Kantor Microsoft. Foto: Filmateria Digital LLC
Washington - Microsoft Corp dan Oracle Corp bekerja sama agar layanan cloud computingnya bisa bekerja sama, yang dilakukan untuk bersaing dengan Amazon Web Services.

Kerja sama antara layanan cloud computing Microsoft dan Oracle di sini adalah dalam bentuk menghubungkan kedua data center mereka, dan menargetkan pengguna dengan bisnis besar, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Kamis (6/6/2019).

Microsoft dan Oracle menyebut sambungan berkecepatan tinggi antara data center mereka itu akan dimulai dari fasilitas mereka yang ada di Amerika Serikat bagian timur, yang kemudian akan dilanjutkan ke fasilitas-fasilitasnya yang lain.


Mereka pun bekerja bersama agar pengguna dari kedua layanan mereka bisa login menggunakan username yang sama, pun mendapat dukungan dari Microsoft dan Oracle.

Langkah ini diambil kedua perusahaan itu karena banyak bisnis besar dan pemerintahan yang mulai mempertimbangkan untuk memindahkan pekerjaan komputasi yang tadinya di data center sendiri ke penyedia layanan cloud computing.

"Dengan keahlian Oracle di bidang enterprise, aliansi ini adalah pilihan natural bagi kami untuk membantu konsumen gabungan kami untuk memindahkan aplikasi dan database enterprisenya ke layanan cloud publik," ujar cloud chief Microsoft Scott Guthrie dalam pernyataannya.

Pasalnya sebelum ini, konsumen sebesar itu menjadi santapan AWS, termasuk konsumen-konsumen Oracle, yang sejatinya punya sejarah panjang di pasar database.


"Dengan aliansi ini, konsumen gabungan kami bisa memigrasi keseluruhan aplikasi yang sudah ada ke dalam cloud tanpa perlu merancang ulang apa pun, dan menjaga investasi besar yang sudah mereka keluarkan," ujar Don Johnson, executive VP Oracle cloud infrastruture unit.

Microsoft sendiri sebelumnya sudah menjalin kerja sama dengan SAP dan Adobe untuk agar bisa menghadirkan layanan mereka dengan lebih baik ke konsumennya. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed