Kamis, 30 Mei 2019 14:26 WIB

Chip iPhone Bakal Dirakit di Indonesia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa (nikkei) Foto: Istimewa (nikkei)
Jakarta - Pegatron, perusahaan perakit iPhone, menandatangani surat pernyataan kehendak (Letter of Intent) untuk menambah investasinya di Indonesia sebesar USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun untuk membuat pabrik di Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Perwilayahan Industri Direktorat Jenderal Ketahanan Perwilayahan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian, Ignatius Warsito. Pabrik yang dimaksud kabarnya akan dipakai untuk membuat chip untuk iPhone dan mungkin saja membuat komponen untuk MacBook di masa yang akan datang.

Dilansir Reuters, Kamis (30/5/2019), Pegatron berencana untuk membangun pabrik chip tersebut dengan bekerja sama dengan Sat Nusapersada, yang akan berlokasi di Batam. Pabrik ini nantinya akan merakit chip untuk iPhone, sementara bahan bakunya tetap akan diimpor.


"Pabrik ini juga mungkin akan dipakai untuk memproduksi komponen MacBook, namun itu tak akan terjadi dalam waktu dekat," tambah Ignatius.

Sebelumnya, Pegatron juga sudah berinvestasi senilai USD 300 juta atau Rp 4,3 triliun (kurs USD 1 = Rp 14.458) di pabrik Indonesia. Hal itu dilakukan karena mereka akan mengalihkan sebagian produksinya dari China ke Indonesia. (asj/asj)