Sabtu, 04 Mei 2019 15:07 WIB

Facebook Cari Mitra untuk Layanan Mata Uang Digitalnya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: unsplash Foto: unsplash
Jakarta - Proyek cryptocurrency, atau mata uang digital, garapan Facebook tampaknya kian dekat menjadi kenyataan. Perusahaan media sosial ini dikabarkan sedang mencari mitra, mulai dari institusi keuangan hingga e-commerce, untuk mendukung proyek tersebut.

Dilansir detikINET dari CNBC, Jumat (3/5/2019), Facebook disebut telah berdiskusi dengan perusahaan seperti Visa dan Mastercard tentang proyek tersebut, yang secara internal dikenal sebagai Project Libra.

Proyek ini sendiri mencakup mata uang digital yang didukung oleh blockchain dan dipatok ke dolar AS. Nantinya pengguna WhatsApp juga bisa menggunakan layanan ini untuk mengirimkan uang.




Pembicaraan dengan berbagai perusahaan dan e-commerce menjadi usaha Facebook dalam merekrut mitra yang mau menerima mata uang digitalnya sebagai alat pembayaran.

Perusahaan yang berbasis di Menlo Park ini disebut akan menyediakan mata uang digitalnya untuk digunakan di aplikasi dan situs pihak ketiga. Kurang lebih sama dengan bagaimana pihak ketiga menggunakan Facebook untuk login.




Facebook juga mempertimbangkan untuk memberi insentif berupa sebagian dari mata uang digital tersebut kepada penggunanya jika mereka mau melihat iklan.

CEO Facebook Mark Zuckerberg belakangan memang menekankan bahwa layanan pembayaran dan e-commerce akan menjadi salah satu fokus perusahaan. Jika berhasil, pergeseran fokus ini bisa mendongkrak bisnis iklan Facebook selain juga menjadi sumber pendapatan baru dari layanan pembayarannya.



Tonton juga video Cara Facebook Perangi ''Aktor Jahat'' di Platform Mereka:

[Gambas:Video 20detik]

Facebook Cari Mitra untuk Layanan Mata Uang Digitalnya
(vim/krs)