Kamis, 02 Mei 2019 19:24 WIB

MediaTek Penguasa Pasar Speaker Pintar

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Ubergizmo Foto: Ubergizmo
Jakarta - Nama MediaTek lebih familiar sebagai pembuat prosesor untuk smartphone. Padahal, banyak perangkat yang ditenagai chipset mereka, salah satunya perangkat speaker pintar.

MediaTek digandeng beberapa vendor besar pembuat perangkat dengan asisten digital. Amazon menjadi satu di antaranya.


MediaTek tercatat mendukung speaker pintar Echo Plus, Echo Sport, Echo Dot dan Echo input. Bahkan mereka pun menjadi otak dari perangkat Fire TV Stick 4K. Tidak heran, begitu banyak perangkat yang ditenagainya, MediaTek saat ini menjadi penguasa pasar.

"Kami nomor satu di perangkat asisten suara. Kami pun nomor satu di tablet Android dan pemutar Blu-ray," ungkap Joyce Hsiung, Director Global Marcom for SEA saat ditemui di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

MediaTek Penguasa Pasar Speaker PintarFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Untuk pasar smartphone sendiri, Joyce mengatakan satu dari tiga ponsel di dunia ditenagai MediaTek. Menurut data sejumlah pengamat pasar di tahun 2018, MediaTek punya market share yang cukup besar di dunia.

"Kami berada di nomor dua secara global," klaim Joyce.


Sementara itu Sui Yen Pang, Senior Manager Corporate Sales Asia and Africa MediaTek mengungkapkan tentang pasar di Indonesia. Dikatakannya, Indonesia punya peran penting sebab menjadi pasar terbesar di Asia Tenggara.

Kendati begitu, MediaTek bukanlah penguasa pasar di Indonesia. "Pangsa pasar kami hanya 36% di sini," ujarnya. (afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed