Kamis, 02 Mei 2019 17:18 WIB

Saingi Facebook, Induk Perusahaan Google Punya 100.000 Karyawan

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: BBC Foto: BBC
Jakarta - Alphabet, induk perusahaan Google, pekan ini mengumumkan bahwa mereka punya 103.549 karyawan di kuartal pertama tahun ini.

Angka ini naik signifikan dari periode yang sama di tahun lalu yakni 85.050 karyawan. Menambah hampir 20 ribu karyawan memang jadi salah satu ambisi Alphabet di tahun lalu.

Dalam beberapa tahun belakangan, Alphabet sudah berekspansi ke ranah cloud computing, hardware, mobil otonom, dan masih banyak lagi.



CFO Alphabet CFO Ruth Porat menyebutkan, cloud computing secara khusus adalah area utama untuk pertumbuhan jumlah karyawan.

"Alphabet berinvestasi untuk bersaing dengan Amazon dan Microsoft di pangsa pasar cloud yang tumbuh pesat," ujarnya seperti dikutip dari CNN, Kamis (2/5/2019).

Namun, Alphabet sejatinya masih merupakan perusahaan periklanan. Alphabet membukukan pendapatan USD 36,3 miliar untuk tiga bulan pertama di 2019. Sekitar 85% dari pendapatan tersebut datang dari bisnis periklanan.



Bagaimanapun, sebenarnya pendapatan Alphabet secara keseluruhan hanya meningkat 17% dari periode yang sama di tahun sebelumnya, meleset dari prediksi Wall Street. Kondisi ini berpotensi meningkatkan kewaspadaan bahwa bisnis inti perusahaan mereka menghadapi tekanan persaingan tak hanya dari Facebook, tetapi juga pemain periklanan baru seperti Amazon. (rns/fyk)