Senin, 22 Apr 2019 22:33 WIB

Bidik Pasar UMKM, Mbiz Hadirkan Mbizmarket

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Mbiz memperluas cakupan pasarnya dengan menjangkau segmen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Mbizmarket jadi senjata andalannya.

Mbizmarket merupakan sebuah platform marketplace Business to Business (B2B) yang terintegrasi dengan solusi total e-procurement yang lengkap dan menyeluruh. Adapun pasar 3,7 juta UMKM menjadi peluang besar yang hendak digarap oleh Mbizmarket.

Berdasarkan kajian Mbiz, transparansi, akuntablitas, serta integritas dalam kegiatan total e-procurement menjadi kunci peningkatan efisiensi, produktivitas, kompetensi, dan keberlanjutan bisnis.

Namun demikian, CEO Mbiz Rizal Paramarta menyatakan belum semua perusahaan, terutama yang berskala menengah dan kecil, yang dapat menerapkan e-procurement secara total karena terkendala biaya pengembangan sistem digital, sumber daya, dan penguasaan teknologi.

"Dengan Mbizmarket kami berharap penerapan solusi e-procurement total dapat kian dirasakan manfaatnya oleh bisnis dari skala usaha yang makin luas, termasuk UMKM sekalipun," kata Rizal saat peluncuran Mbizmarket di Jakarta, Senin, (22/4/2019).

Bidik Pasar UMKM, Mbiz Hadirkan MbizmarketFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Rizal menuturkan, pengalaman dalam berkontribusi mengakselerasi penerapan e-procurement total di kalangan perusahaan-perusahaan blue chip dan berskala enterprise dari beragam industri, menjadikan Mbiz memiliki pemahaman yang mendalam tentang beragam tantangan, kebutuhan, serta ekspektasi pada penerapan e-procurement secara total di kalangan dunia usaha.

"Mbizmarket menjadi satu ekosistem menyeluruh yang menawarkan tiga fungsi lengkap yang dibutuhkan dalam skema B2B," ungkap dia.

Tiga fungsi yang dimaksud pertama fungsi direktori yang dapat dimanfaatkan pelaku bisnis dalam memperluas jaringan bisnisnya. Kedua, platform ini menghadirkan fungsi transaksional sebagai sarana terselenggaranya kegiatan permintaan dan penawaran. Lalu, ketiga, Mbizmarket menghadirkan fungsi total e-procurement sebagai solusi yang dapat diandalkan oleh berbagai skala perusahaan dalam mendigitalisasi seluruh proses pengadaan barang dan jasanya.

Platform ini dapat dimanfaatkan secara gratis oleh oleh perusahaan-perusahaan dari berbagai skala, mulai dari enterprise hingga UMKM, untuk mendigitalisasi proses pengadaan barang dan jasanya sehingga menjadi transparan dan akuntabel. Bagi perusahaan-perusahaan yang berlaku sebagai vendor penyedia barang dan jasa, Mbizmarket dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan serta meningkatkan produktivitas bisnisnya.




(agt/krs)