Rabu, 17 Apr 2019 12:17 WIB

Apple Masih Raja Segmen Ponsel Mahal, Siapa di Lima Besar?

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: Stephen Lam/Reuters Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta - Sebuah data anyar Counterpoint Research berdasarkan hasil temuan sepanjang tahun 2018 mengungkap bahwa Apple masih merajai segmen smartphone premium dunia. Sebagai catatan, smartphone yang dikategorikan "segmen premium" adalah yang harganya di atas USD 400.

Keberadaan Apple di posisi teratas ini masih seperti tahun sebelumnya, 2017, walaupun ada penurunan. Di tahun 2018, smartphone premium Apple menguasai 51% pangsa pasar, dibandingkan 58% pada tahun 2017.




Dalam daftar teranyar mengenai pangsa pasar smartphone premium Samsung menempati posisi kedua dengan 22% diikuti Huawei (10%), Oppo (6%), dan OnePlus (2%).

Di daftar lima besar ini cuma Apple dan Samsung yang mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. GSM Arena juga menyebut, baru kali ini OnePlus masuk lima besar.

Apple Masih Raja Segmen Ponsel Mahal, Siapa di Lima Besar?Foto: dok. Counterpoint

Tercatat pula bahwa segmen smartphone premium pada tahun 2018 mengalami pertumbuhan 14%, walaupun pasar smartphone global secara umum mengalami penurunan sebesar 3%.

"Ultra premium (mulai dari USD 800 ke atas) menjadi segmen yang pertumbuhannya paling besar dan di situlah dominasi Apple paling terlihat, yakni 80% dari unit penjualan smartphone," sebut GSM Arena.

Apple Masih Raja Segmen Ponsel Mahal, Siapa di Lima Besar?Foto: dok. Counterpoint

"Laporan ini juga menyatakan bahwa konsumen tak keberatan mengeluarkan uang lebih banyak buat sebuah perangkat asalkan bisa menggunakannya dalam periode lebih lama," lanjut artikel tersebut.

Juga disebutkan bahwa peneliti di Counterpoint memprediksi segmen premium smartphone ini akan mencatatkan pertumbuhan positif berkat keberadaan ponsel layar lipat dan ponsel 5G.




(krs/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed