Rabu, 17 Apr 2019 10:37 WIB

Apple Resmi Ditinggal Bos Ritelnya

Adi Fida Rahman - detikInet
Angela Ahrendts resmi mundur. Foto: GettyImages/Justin Sullivan Angela Ahrendts resmi mundur. Foto: GettyImages/Justin Sullivan
Jakarta - Tanggal 15 April menjadi hari terakhir Angela Ahrendts di Apple. Lima tahun sudah dia mengabdi di perusahaan pembuat iPhone itu sebagai Head of Retail Apple.

Mundurnya Angela sebenarnya telah diumumkan CEO Apple Tim Cook lewat sebuah memo ke karyawan pada Februari lalu. Tim pun mengungkap alasannya.

"Setelah 5 tahun memimpin toko online dan retail, Angela Ahrendts berencana meninggalkan Apple pada April untuk mengejar hal pribadi dan profesional," demikian tulis Cook dalam surat kala itu.



"Angela telah menginspirasi dan membangkitkan energi tim retail kita dengan visi toko sebagai tempat di mana hal-hal terbaik Apple berpadu untuk melayani konsumen dan masyarakat. Di masanya, pengalaman di toko ditingkatkan dan relasi dengan konsumen sangat kuat," sembungnya.

Jelang kepergian Angela, akhir pekan lalu Apple menghapus profil perempuan berkacamata itu dari halaman kepemimpinan di situsnya. Dan sejak dua bulan lalu, Apple pun telah menunjuk pengganti.

Sosok tersebut adalah Deirdo O'Brien. Dia sebelumnya menjabat sebagai Vice President People. Setelah menggantikan Angela, jabatanya kini berubah menjadi Senior Vice President of Retail and People.

Tanggung jawabnya tidak hanya mengurusi orang-orang di Apple, Deirdo akan juga mengawasi bisnis ritel yang kini punya lebih dari 500 toko di seluruh dunia.

Kembali soal Angela, dia bergabung ke Apple sejak 2014 dan langsung mengepalai bagian retail. Masuknya Angela di saat Apple tengah bereksperimen dengan produk-produk mewah.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu meluncurkan Apple Watch 14 karat emas yang harganya super mahal. Tapi tampaknya produk tersebut tidak menarik banyak perhatian dan pada akhirnya dihentikan. Pun begitu di bawah kepemimpinan Angela, toko Apple dirancang ulang dan meningkatkan pengalaman penggunanya.



Angela membuang Genius Bar dan mengadopsi Genius Grove yang lebih kasual, mengurangi penjualan aksesori pihak ketiga, dan mengubah toko ritelnya menjadi penghubung dengan digelarnya Today, sebuah wadah untuk digelarnya kelas-kelas khusus, pertunjukan artis dan banyak lagi.

Sebelum bekerja di Apple, Angela adalah CEO perusahaan mode terkenal Burberry, dan sebelum itu, ia memegang posisi di Liz Claiborne dan Donna Karan. (rns/rns)