Rabu, 10 Apr 2019 18:25 WIB

Bayaran Pendiri Xiaomi Bikin Ternganga

Fino Yurio Kristo - detikInet
Pendiri Xiaomi, Lei Jun. Foto: REUTERS/Jason Lee Pendiri Xiaomi, Lei Jun. Foto: REUTERS/Jason Lee
Jakarta - Berapa pendapatan Lei Jun, sang pendiri dan CEO Xiaomi? Memang sangat besar jika dilihat dari kompensasi yang ia peroleh dari Xiaomi pada tahun 2018 silam.

Dikutip detikINET dari Tech Node, dokumen perusahaan Xiaomi menyebutkan bahwa Lei memperoleh paket kompensasi 10 miliar yuan pada 2018. Jika dirupiahkan di kisaran Rp 21 triliun.

Juru bicara Xiaomi membenarkan bahwa Lei merupakan "karyawan" dengan bayaran paling besar. Selain itu, jajaran manajemen atas Xiaomi juga mendapat bayaran yang tak sedikit.




Lima eksekutif Xiaomi dengan bayaran terbanyak total mendapatkan 10,218 miliar yuan. Jauh lebih besar dari total bayaran mereka tahun sebelumnya senilai 196 juta yuan.

Selain gaji dan bonus, pendapatan itu masih ditambah jatah saham. Xiaomi pada April 2018 pernah mengatakan bahwa mereka memberikan 64 juta saham kelas B pada perusahaan terpisah yang dikontrol Lei Jun atas kontribusinya pada Xiaomi.

Seperti diketahui, Lei Jun mendirikan Xiaomi pada 2010 dan saat ini berada di posisi lima vendor ponsel terbesar dunia menurut riset IDC. Tahun silam, mereka mengalami pertumbuhan penjualan sampai 41,3%. Namun pada kuartal IV 2018, terjadi penurunan pengapalan sampai 25%.

Sekadar kisah singkat, Lei Jun mendirikan Xiaomi "bersama 14 orang lainnya dalam sebuah ruangan kecil di Beijing". Ada pula sumber lain yang menyebutkan jumlah orang saat itu delapan orang saja.




Yang pasti, dalam versi manapun, salah satu yang hadir saat itu adalah sosok Lin Bin. Kini, bersama Lei Jun sebagai CEO, Lin Bin merupakan pentolan Xiaomi dengan posisi presiden.

Berawal dari perusahaan software, Xiaomi kemudian menggarap hardware. Tak cuma kondang dengan deretan smartphone, Xiaomi juga merambah ke perkakas lain. Dari wearable ke laptop, hingga rice cooker dan bohlam, sebagai bagian dari ekosistem smart home yang turut ingin ia ciptakan.

(fyk/krs)