Rabu, 10 Apr 2019 09:49 WIB

Grab Incar Suntikan Dana Hingga Rp 28 Triliun, Buat Apa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Anthony Tan. Foto: Robi Setiawan/detikcom Anthony Tan. Foto: Robi Setiawan/detikcom
Jakarta - Grab mengincar pendanaan dari investor sebesar USD 2 miliar atau sekitar Rp 28 triliun pada tahun ini. Nantinya pendanaan ini akan menjadi bagian dari pendanaan seri H.

Grab beberapa minggu yang lalu juga baru saja mengumumkan pendanaan seri H mereka telah mencapai USD 4,5 miliar, termasuk dana sebesar USD 1,5 miliar dari SoftBank Vision Fund.

"Kami berharap dapat mengumpulkan total USD 6,5 miliar pada tahun ini," kata co-founder dan CEO Grab, Anthony Tan dalam wawancara dengan Reuters, seperti dikutip detikINET dari CNBC, Rabu (10/4/2019).



Target suntikan dana baru ini akan menjadi campuran antara hutang dan ekuitas. Tan menambahkan bahwa pendanaan tersebut akan digunakan untuk memperluas bisnisnya di sektor keuangan dan pengantaran makanan.

Selain itu, Tan mengatakan bahwa Grab berencana untuk melakukan enam investasi atau akuisisi pada tahun ini. Ia juga menegaskan walau kini valuasinya telah tembus USD 14 miliar atau berstatus decacorn, Grab tidak memiliki rencana untuk melantai di bursa saham.

Selain mencari pendanaan dan rencana akuisisi, Grab telah memiliki serangkaian rencana untuk tahun 2019. Termasuk mengembangkan layanan keuangan mereka dengan Paypal dan ANT Financial sebagai calon mitra yang potensial.

(vim/fyk)