Minggu, 07 Apr 2019 21:14 WIB

Siapa Susul Go-Jek Jadi Decacorn Lokal Selanjutnya?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Go-Jek Foto: Go-Jek
Jakarta - Go-Jek resmi menjadi salah satu dari lebih selusin decacorn, startup dengan valuasi USD 10 miliar, yang ada di seluruh dunia. Hal ini diketahui dari laporan yang dikeluarkan oleh CB Insights, firma analisis dari New York, Amerika Serikat.

Lantas, startup lokal mana yang bisa menjadi decacorn selanjutnya menyusul penyedia jasa ride-hailing tersebut? Setidaknya, Indonesia punya tiga unicorn, alias perusahaan rintisan dengan nilai USD 1 miliar.

Ketiganya adalah Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Sampai saat ini, mereka menjadi startup lokal yang mempunyai valuasi paling dekat dengan Go-Jek.


Tokopedia jadi yang terdepan untuk menjadi decacorn asal Indonesia selanjutnya. Masih merujuk dari laporan CB Insights, perusahaan rintisan besutan William Tanuwijaya itu memiliki nilai USD 7 miliar.

Hal ini sekaligus membuat Tokopedia lebih besar dari sejumlah startup dunia. Beberapa di antaranya adalah Oyo (platform pemesanan hotel asal India) yang bernilai USD 5 miliar dan Niantic (pengembang Pokemon Go) dengan valuasi USD 3 miliar.

Sedangkan Traveloka dan Bukalapak masing-masing memiliki valuasi sekitar USD 2 miliar dan USD 1 miliar. Keduanya pun punya valuasi yang tak berbeda jauh dengan Miniso (USD 2,2 miliar), Zomato (USD 2 miliar), dan Reddit (USD 1,8 miliar).

Di samping itu, Tanah Air juga punya satu calon unicorn dalam diri Jd.id. Ia sempat dilaporkan dilaporkan tengah berdiskusi dengan Go-Jek terkait dengan penanaman modal oleh penyedia layanan ride-hailing ke e-commerce tersebut dengan nilai mencapai ratusan dollar AS yang membuatnya bisa menyentuh valuasi USD 1 miliar. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed