Kamis, 14 Mar 2019 13:57 WIB

Siap-siap, Iklan Bisa Segera Merambah Smart TV

Kris Fathoni W - detikInet
Iklan bisa segera merambah ke smart TV. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard) Iklan bisa segera merambah ke smart TV. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)
Jakarta - Strategi pemasaran lewat iklan tak mau ketinggalan di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Kini iklan pun akan mulai merambah ke smart TV.

Salah satu indikasi kuatnya adalah laporan Reuters yang menyatakan bahwa Vizio, manufaktur TV terbesar kedua di Amerika Serikat, sedang menginisiasi sebuah standar baru di industri agar perangkat smart TV memunculkan iklan tepat sasaran (targeted ads).

"Perusahaan itu sudah menjalin kerja sama dengan sembilan media dan perusahaan iklan lain untuk menciptakan Project OAR, sebuah konsorsium baru yang mengembangkan standar tersebut," kata Reuters.




Menyoal "standar" yang dimaksud, saat ini smart TV tidak menyimpan cookies yang biasa dimiliki oleh browser web dalam memantau aktivitas pengguna di internet. Hal itu menyulitkan upaya memunculkan iklan tepat sasaran di smart TV.

Project OAR ini, yang kepanjangannya adalah Open Addressable Ready, berusaha membuat semua perusahaan TV yang terhubung jadi bisa memunculkan targeted ads di program-program mata acara terjadwal atau on demand.

"Dalam teorinya hal ini membuat pemasangan iklan jadi lebih sukses, dan oleh karena itu juga efektif, walaupun di sisi lain data pengguna artinya juga akan dibagi ke pihak ketiga. Hal itu memunculkan kerisauan mengenai privasi data," tulis Engadget.com.




(krs/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed