Jumat, 22 Feb 2019 09:24 WIB

Elon Musk Tegaskan Tesla Tidak Garap Cryptocurrency

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Jack Taylor/Getty Images Foto: Jack Taylor/Getty Images
Jakarta - Walaupun pernah posting cuitan soal bitcoin di akun Twitter-nya, rupanya CEO Tesla, Elon Musk mengatakan perusahaannya tidak akan ikut menggarap cryptocurrency.

Dalam podcast dengan penasihat investasi, Cathie Wood, Musk mengatakan bahwa bitcoin merupakan sesuatu yang menarik dan dapat menjadi cara yang bernilai untuk mengirimkan uang. Tapi menurutnya itu bukan sesuatu yang cocok untuk Tesla.


"Struktur bitcoin itu brilian tapi saya pikir itu bukan cara yang bagus untuk menggunakan sumber daya Tesla untuk terlibat di crypto," kata Musk seperti dikutip detikINET dari CNBC, Kamis (21/2/2019).

Musk pun menjelaskan bahwa cuitannya yang menawarkan follower-nya untuk membeli bitcoin pada bulan Oktober 2018 hanya sekedar bercanda. Tapi, saat itu penggemarnya menganggap cuitan tersebut serius.

Setelah cuitan tersebut, akun Twitter Musk juga sempat ditangguhkan karena menurut Musk ada 'aturan otomatis tentang menjual bitcoin'.

Musk pun memuji kemampuan bitcoin untuk melewati kontrol mata uang dan berpotensi menggantikan uang fisik. Tapi, ia juga menekankan bahwa bitcoin juga cacat, terutama karena banyaknya energi yang dibutuhkan untuk 'menggali' satu bitcoin.


"Uang kertas mulai menghilang dan crypto memiliki nilai yang lebih baik untuk transfer nilai daripada selembar kertas, tapi itu memiliki pro dan kontra," jelas Musk.

"Untuk membuat bitcoin saat ini membutuhkan energi yang sangat intensif," pungkasnya. (vim/afr)