Selasa, 19 Feb 2019 14:51 WIB

Pasar idEA 2019, Tempatnya e-Commerce Rambah Offline

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Nilai total transaksi online di e-Commerce Indonesia masih rendah, padahal pengguna internet terus tumbuh. Para pelapak yang tergabung di Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) pun merambah ranah offline.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh idEA, pengguna internet Indonesia mencapai 143 juta dan pengguna e-Commerce ada 31 juta. Sementara nilai transaksi di online masih single digit jika dibandingkan transaksi offline yang masih dominan dilakukan masyarakat Indonesia.

Melalui Pasar idEA 2019, para pelaku e-Commerce pun akan membawa merchant-merchant terbaik mereka untuk melapak secara offline. Menurut Ketua idEA Ignatius Untung, ajang ini untuk mempertemukan penjual dengan pembeli yang disamping itu juga guna edukasi ke masyarakat yang berhubungan dengan e-Commerce.




"Ini bukan sekedar pameran dagang walau ada dagang di dalamnya. Tetapi ini kita fokuskan kepada sosialisasi untuk edukasi, bagaimana mengatasi konflik-konflik terjadi saat berbelanja online," ujar Untung di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Untung mengatakan bahwa Pasar idEA 2019 yang merupakan ajang khusus yang menyangkut segmen Business to Consumer (B2B). Sebelumnya, idEA memiliki ajang tahunan bernama Indonesia e-Commerce Summit & Expo (IESE), namun perhelatan tersebut terkesan tak fokus karena menyasar Business to Consumer (B2C) dan Business to Business (B2B). Sehingga pada tahun ini mereka memisahkannya dan melahirkan Pasar idEA 2019.




Pasar idEA 2019, dikatakan Untung, merupakan gabungan dari segala event yang lebih dulu eksis seperti kolaborasi skala kecil dari GIIAS, Javajazz, travel fair, hingga Indocomtech. Konsep tersebut untuk menarik pengunjung datang ke event perdana dari Pasar idEA 2019.

Pasar idEA 2019, Tempatnya e-Commerce Rambah OfflineFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Pasar idEA 2019 sendiri rencananya akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada tanggal 15-18 Agustus 2019. Pameran seluas 17.000 meter persegi itu akan diisi kurang lebih dari 250 eksibitor dari para pelaku e-Commerce Indonesia. Harga tiket masuk ke Pasar idEA 2019 dipatok Rp 30 ribu saat hari biasa dan Rp 50 ribu di akhir pekan.

"Kita belum men-set soal transaksinya karena ini event perdana. Kita lebih targetkan kepada selama empat hari itu bisa mendatangkan sampai 120 ribu penunjung," pungkasnya.



Tonton juga video 'Asosiasi E-Commerce Minta Tunda Pemberlakuan PMK 210':

[Gambas:Video 20detik]


Pasar idEA 2019, Tempatnya e-Commerce Rambah Offline
(agt/krs)