Senin, 04 Feb 2019 15:07 WIB

Maju Mundur Foxconn Bikin Pabrik di AS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Peresmian pabrik Foxconn. Foto: Andy Manis/Getty Images Peresmian pabrik Foxconn. Foto: Andy Manis/Getty Images
Jakarta - Setelah sempat membatalkan proyek pembangunan pabriknya di Wisconsin, Amerika Serikat, kini Foxconn menarik keputusan tersebut dan kembali melanjutkan pembangunannya.

Langkah ini diambil Foxconn setelah mereka melakukan diskusi dengan Presiden Trump di Gedung Putih. Meski begitu, Foxconn belum memastikan jenis pekerjaan apa yang nantinya akan dilakukan di pabrik tersebut.

"Setelah diskusi produktif antara White House dan perusahaan, dan juga percakap personal antara Presiden Donald J. Trump dan Chairman Terry Gou, Foxconn akan melanjutkan rencana konstruksi fasilitas fab Gen 6, yang akan berlokasi di jantung Wisconn Valley Science and Technology Park," tulis Foxconn dalam pernyataannya.

Awalnya, Foxconn menyebut pabrik senilai USD 10 miliar itu akan menaungi para engineer bergaji tinggi, bukan pekerja bergaji rendah. Namun dalam pernyataan terbarunya, Foxconn tak menyebut secara spesifik siapa yang akan bekerja di pabrik itu, kecuali jumlah pegawai yang bisa ditampungnya, yaitu 13 ribu orang.




"Kampus ini akan menjadi fasilitas perakitan tingkat tinggi dan juga menjadi hub untuk inovasi teknologi tinggi di negara ini," tulis Foxconn dalam pernyataannya, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Senin (4/2/2019).

Mungkin yang dimaksud Foxconn dalam pernyataan tersebut adalah pabriknya itu akan menjadi tempat gabungan dari pekerja rendahan dan engineer bergaji besar. Salah satu hal yang membuat Foxconn mau membuat pabrik di AS adalah diskon pajak dan insentif yang diberikan, yang saat ini jumlahnya mencapai USD 4 miliar.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Jelang Pidato Kemenangan Jokowi-Amin
Jelang Pidato Kemenangan Jokowi-Amin Selengkapnya