Jumat, 01 Feb 2019 12:33 WIB

Google, JD, dan Tencent Suntik Dana Go-Jek

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Go-Jek Foto: Go-Jek
Jakarta - Go-Jek mengumumkan pihaknya baru saja merampungkan fase pertama dari putaran pendanaan seri F. Google, JD, Tencent serta beberapa investor lainnya, termasuk Mitsubishi Corporation dan Provident Capital, menjadi para penyuntik dana ke perusahaan ride sharing ini.

Hanya saja Go-Jek tidak menyebutkan berapa suntikan modal yang mereka terima. Namun kabar yang beredar menyebutkan mereka menerima USD 1 - 2 miliar atau setara dengan Rp 14 - 28 triliun. Bila benar maka valuasi Go-Jek makin mendekati USD 10 miliar.




Go-Jek menyebut investasi itu akan digunakan untuk memperdalam penetrasi pasar di Indonesia serta memperkuat ekspansi mereka di kawasan Asia Tenggara. Seperti diketahu Go-Jek kini sudah mengaspal di Singapura, Vietnam (Go-Viet) dan Thailand (Get).

Setelah putaran pendanaan Seri F ini, para pendiri Go-Jek dipastikan akan tetap memiliki kontrol terhadap pengambilan keputusan dan penentuan arah kebijakan perusahaan, agar mereka dapat merealisasikan visi jangka panjang perusahaan serta terus melakukan ekspansi dan pengembangan bisnis yang pesat.

"Visi kami adalah untuk selalu menciptakan hal-hal yang bermanfaat untuk Indonesia dan memberikan dampak sosial yang positif melalui teknologi. Inovasi kami selalu berorientasi untuk memecahkan masalah baik bagi para pengguna dan maupun mitra kami," kata Nadiem Makarim, CEO Go-Jek Group dalam keterangan resminya, Jumat (1/2/2019).

"Go-Jek telah sukses mempelopori model platform multi-dimensi (multi-sided platform) dimana jutaan pengguna dapat mengakses berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta dimana para pelaku wirausaha dan mitra dapat mengakses pelanggan, meningkatkan pendapatan mereka, dan pada saat yang sama, mendapatkan akses terhadap berbagai layanan keuangan," imbuhnya.

G0-Jek pun memastikan akan melanjutkan kemitraan strategisnya dengan joint venture JD.com di Indonesia, yaitu JD.id dan J-Express (JX), perusahaan joint venture layanan pengantaran logistik, untuk mengembangkan kapabilitas logistik dan layanan e-commerce dari hulu ke hilir di Indonesia.




Di bidang logistik, JX akan berkolaborasi dengan jaringan kurir terdepan Go-Jek guna menyediakan layanan dan jangkauan logistik yang handal, efisien dengan serta harga yang kompetitif bagi para pelanggannya di seluruh Indonesia.

Kemitraan ini juga akan melibatkan kolaborasi dalam halterkait solusi pembayaran digital, marketing, dan teknologi informasi dengan JD.id, untuk memberikan akses dan kemudahan dalam menawarkan produk-produk dan layanan berkualitas kepada lebih banyak lagi konsumen Indonesia.


(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed