Senin, 21 Jan 2019 17:22 WIB

Catatan dari CES 2019

IBM Patenkan Sistem AI untuk Debat Manusia

Adi Fida Rahman - detikInet
Ilustrasi. Foto: IBM Ilustrasi. Foto: IBM
Jakarta - Sepanjang tahun lalu, IBM menghasilkan 9.100 paten. Hampir setengah dari paten tersebut terkait kecerdasan buatan, cloud, keamanan, blockchain dan komputasi kuantum.

Pencapaian itu sempat diumumkan oleh Presiden dan CEO IBM Ginni Rometty di perhelatan CES 2019 beberapa waktu lalu.


"IBM berkomitmen untuk memimpin teknologi yang mengubah cara dunia bekerja - dan memecahkan masalah yang belum dipikirkan banyak orang," kata Rometty.

Dirincinya, ada 1.600 paten terkait cara baru menggunakan AI, beberapa di antaranya membantu melindungi danau dan saluran air. Lalu ada pula 1.400 paten Aartificial Intelligence (AI) untuk keamanan.

IBM mendapat paten terkait Project Debater, sistem AI yang mendebat manusia tentang topik kompleks. IBM mematenkan pendekatan untuk menggunakan machine learning untuk mengidentifikasi bukti, seperti kata yang relevan dalam data teks yang tidak terstruktur guna mendukung atau menentang klaim atau topik yang sedang dibahas. Ini bisa membantu bagaimana mesin dan manusia berinteraksi dalam percakapan.

[Gambas:Youtube]

Selain itu IBM mematenkan sistem cerdas yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi, mengkarakterisasi, dan memantau profil dan gradien suhu vertikal, yang memengaruhi kehidupan laut, danau dan ekosistem perairan lainnya.

Analisis yang dikombinasikan dengan pemetaan IBM Cloud dan Internet of Things (IoT) telah membantu IBM bersama dengan para kolaborator untuk merekayasa danau terpintar di dunia, Danau George.

Terkait cloud, IBM menerima 2.000 paten. Sementara untuk blockchain mereka mendapatkan hanya beberapa paten. Satu di antaranya terkait enkripsi data yang tersimpan dalam blockchain. Sehingga data yang disimpan oleh anggota jaringan blackchain tidak dapat diakses sembarang orang.


IBM turut mematenkan penemuan signifikan dalam komputasi kuantum. Termasuk cara baru memiaturisasi komponen untuk meningkatkan kinerja komputer kuantum.



Simak juga video 'Warna-warni Layar OLED LG di CES 2019 yang Memukau':

[Gambas:Video 20detik]


IBM Patenkan Sistem AI untuk Debat Manusia
(afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed